Tak Perlu Bingung! Ini 4 Tips Merawat Busi Mobil Biar Awet

Rabu 17-05-2023,20:28 WIB
Reporter : Edi
Editor : Edi

BACA JUGA:Gua Batu Cermin Destinasi Wisata Unggulan Sebelum ke Taman Nasional Komodo

Tak bisa dipungkiri bahwa kondisi busi yang tak terawat tentu akan lebih banyak berpotensi mengalami masalah meskipun baru diganti.

 

Oleh karenanya, memang diperlukan perawatan ringan sebagai tindakan untuk mencegah kerusakan tersebut.

 

Nah, terkait soal itu, salah satu cara paling mudah untuk merawat busi pada mobil adalah dengan secara rutin memanaskan mesin mobil, baik akan digunakan atau tidak.

 

Paling tidak, Anda harus memanaskan mesin mobil setiap pagi selama kurang lebih 10 menit saja sebagai upaya dalam menjaga performa busi.

BACA JUGA:Gua Batu Cermin Destinasi Wisata Unggulan Sebelum ke Taman Nasional Komodo

Bukan tanpa alasan mengingat kondisi mobil yang dipanaskan tentunya akan menggerakkan mesin secara normal. Artinya, ada peran busi sebagai komponen utama dalam proses pembakaran saat mesin mobil dihidupkan.

 

Jika ini dilakukan rutin maka busi akan lebih mudah melakukan proses pembakaran di saat mobil akan digunakan sesaat setelah mesin dihidupkan.

 

Akan tetapi, sayangnya hal ini juga tak serta merta tidak memiliki dampak. Dimana, dengan seringnya mesin mobil dihidupkan maka kepala busi akan rentan bergeser atau mengalami kelonggaran.

 

Walaupun demikian, hal tersebut kemungkinannya kecil karena waktu untuk memanaskan mobil hanya perlu sekitar 10 menitan saja setiap pagi hari.

Kategori :