Tak Perlu Bore Up! Begini Cara Menambah Kecepatan Motor

Sabtu 13-05-2023,22:03 WIB
Reporter : Edi
Editor : Edi

PAGARALAMPOS.COM - Para pecinta motor pada umumnya menginginkan kendaraannya bisa melaju kencang dari standarnya. 

  Nah, berbicara masalah kecepatan, pada umumnya orang akan melakukan bore up pada mesin motornya.    Perlu anda ketahui, untuk menambah kecepatan, tak mesti melulu bore up mesin, ada trik lain yang bisa anda gunakan.   Ini trik untuk menambah kecepatan pada sepeda motor anda versi pagaralampos.disway.id yang dilansir dari berbagai sumber yang bisa anda coba. BACA JUGA:Mari Menjelajah, Jangan Lewatkan 8 Tempat Wisata Religi di Bali yang Wajib Banget Kamu Kunjungi Trik untuk Menambah Kecepatan Laju Motor   Usahakan Perluas Lubang Pembilasan
Di sisi lain, langkah lain yang bisa Anda terapkan untuk membuat kecepatan motor menjadi kencang, yakni dengan melakukan perluasan pada bagian pembilasannya sebagai ruang pembakaran.
Karena, proses kombinasi antara udara dan gas yang terjadi pada sistem pembakaran dari motor ini sangat berdampak pada tenaga yang dihasilkan oleh motor itu sendiri. BACA JUGA:Liburan Sambil Berburu Batik? Siapa Takut! Ini 4 Rekomendasi Wisata Batik di Pekalongan
Secara teknis, jika gas yang masuk semakin banyak debitnya tentunya secara otomatis juga akan memicu kepadatan gas yang lebih juga. Jika demikian, tentu saja kondisi ini bisa memicu peningkatan kompresi.
Hanya saja, cara perluasan lubang pembilasanjuga tersebut harus pada batas-batas yang normal. jika terlalu luas maka tidak baik juga untuk mesin.
Untuk lebih aman, sebaiknya Anda konsulitasikan dengan pihak bengkel modif. Apakah kira-kira aman atau tidak. Mengingat, langkah ini juga harus mempertimbangkan usia motor juga.
Hindari Membebani Piston
Salah satu cara cukup ampuh untuk menambah kecepatan motor adalah dengan menguragi beban berat pada bagian piston. BACA JUGA:5 Rekomendasi Wisata Air di Pekalongan Yang Tak Kalah Keren!
Karena, tak jarang jika piston yang memiliki bobot berat, justru akan berdampak banyak pada sistem permesinan motor mengingat harus bekerja lebih keras.
Tentu saja, ini menjadi beban bagi kendaraan motor Anda. Maka dari itu, sebaiknya kurangi beban pada bagian piston ini agar kinerja mesin motor menjadi lebih ringan dan tentunya laju motor menjadi lebih kencang nan agresif.

Perbesar Tenaga Listrik
Kemudian, cara yang bisa Anda lakukan untuk mendongkrak kecepatan motor, Anda bisa dengan menambah tenaga listrik pada motor. BACA JUGA:Ini 6 Rekomendasi Wisata Pekalongan, Salahsatunya Memiliki Keindahan yang Eksostis
Biasanya, tenaga listrik pada motor itu memiliki kekuatan daya sebesar 6 Volt. Dari tenaga tersebut, Anda bisa menambahnya hingga 12 volt sehingga akan memacu tenaga motor yang lebih besar.
Ini merupakan salah satu trik menambah kecepatan motor tanpa perlu melakukan bore up.
Gunakan Ukuran Ban Standar
Di sisi lain, cara menambah kecepatan motor yang bisa dilakukan, yakni dengan cara memperhatikan ukuran ban motor tersebut. BACA JUGA:5 Tempat Wisata di Ogan Komering Ilir, Diantaranya Miliki Cerita Legenda Si Pahit Lidah
Dimana, sebaiknya ukuran yang digunakan sesuai standar pabrik. Memang, untuk menambah daya kecepatan, ban berukuran kecil akan sangat berpengaruh pada performa mesin yang lebih enteng.
Namun, hal ini sangat berpengaruh pada keselamatan sehingga disarankan untuk menggunakan ban standar, tidak terlalu besar agar tidak terbebani namun juga tidak kecil supaya keselamatan berkendara lebih terjamin.
Gunakan Busi yang Berkualitas sesuai Standar Pabrik
Lalu, tips lain yang perlu Anda catat untuk mendapatkan tenaga handal dari motor, yaitu dengan cara memilih busi berkualitas unggulan. BACA JUGA:Murah Banget! Ini 6 Rekomendasi Wisata di Singapura, Salahsatunya Seperti di Eropa
Dimana, busi tersebut sesuai dengan standar pabrik. Hindari pembelian busi yang bukan ori karena justru akan merusak komponen terkait pada sistem pembakaran.
Bukan tanpa alasan mengingat peran busi di sini terbilang sangat vital sebagai salah satu komponen pemicu pembakaran.
Jika kualitasnya minim maka besaran tenaga yang dihasilkannya pun kurang maksimal. Ini tentu menjadi suatu hal yang perlu untuk Anda perhatikan selain melakukan modifikasi pada beberapa sektor lain.
Meminimalisir Volume pada Ruang Bakar
Dalam sistem pembakarannya, kendaraan roda dua (sepeda motor) pada umumnya memiliki tingkat kompresi bahan bakar yang cukup tinggi. BACA JUGA:Anda Mau Liburan? Yuk Cek, Ini 5 Rekomendasi Wisata di Malaysia yang Paling Hits dan Terkenal
Semakin tinggi kompresi maka secara otomatis tenaga yang dihasilkan pun juga akan bertambah besar sehingga akan memicu kecepatan motor lebih kencang.
Untuk itu, Anda bisa meminimalisir volume pada ruang bakanya dengan cara mengurangi volume di sistem pembakaran.
Anda bisa menggerinda pada bagian kepala dari silinder. Yang mana, hal ini ditujukan agar nantinya ruang bakarnya menjadi berkurang serta kompresinya menjadi semakin meningkat pula.
Dalam beberapa kasus, cara ini terbilang cukup efektif mengingat tenaga yang dihasilkan dari proses kompresi semakin lebih besar. BACA JUGA:Wajib Diketahui! Ini 4 Tempat Wisata Ziarah di Banten yang Paling Populer dan Terkenal
Wajar, jika cara ini banyak dilakukan oleh para pemilik motor modif yang suka dengan motor berkecepatan tinggi.
Memodif Noken As
Di dalam sepeda motor, komponen bernama noken as ini memiliki peran yang sangat penting sekali karena berpengaruh pada akselerasi yang dihasilkan.
Untuk menjadikan motor lebih kencang, Anda bisa menggerus bagian noken as ini. Hanya saja, dengan batasan dan ukuran yang disesuaikan. BACA JUGA:Cocok Untuk Liburan Keluarga! Ini 5 Rekomendasi Wisata Religi di Lampung
Hindari menggerus noken as secara asal-asalan karena jika dilakukan secara sembarangan justru akan memicu suara yang berisik. Sehingga akan kurang nyaman ketika motor dikendarai.
Cara ini terbilang efektif dalam memacu performa kecepatan motor. Namun, alangkah baiknya Anda meminta pihak mekanik yang melakukannya mengingat terbilang sedikit rumit ketika harus menggerus bagian noken as pada sepeda motor ini.   Nah itulah beberapa trik untuk menambah kecapatan motor anda tanpa bore up, semoga informasi ini bermanfaat. *
Kategori :