Baru Tau, 1 dari 5 Kapal Selam Indonesia Dilengkapi Teknologi Canggih

Jumat 12-05-2023,19:43 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Gusti

 

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM - Kekuatan pertahanan laut tentunya menjadi keharusan untuk mrnjaga kedaulatan tanah air, seperti halnya dengan Indonesia

Sebagai salahsatu negara maritim di dunia, tentunya pertahanan laut harus kuat. Sepenggal lagu "Nenekku Seorang Pelaut" memang sudah tak asing lagi.

Toh, sesuai dan slogannya sudah mengakar sejak zaman nenek moyang dahulu. 

Mengingat posisi lautan Indonesia, maka TNI AL memiliki persenjataan atau alutsista seperti jenis Kapal Selam. Dengan demikian, kita bisa menjaga kedaulatan dan keamanan di wilayah perairan.

BACA JUGA:BMKG-Pushidrosal sepakati kerja sama pemanfaatan data maritim

Kapal selam berperan dalam usaha pertahanan dari bawah permukaan air, yang secara umum bertujuan untuk kebutuhan dan tujuan militer.

Keunggulan lain dari kapal selam yaitu dapat beroperasi dari dasar laut sehingga akan musuh akan sulit mendeteksi.

Selain untuk urusan militer, penggunaannya juga untuk kepentingan ilmu pengetahuan lautan yang tidak memungkinkan buat para penyelam manusia.

Tahukah kamu jumlah kapal selam Indonesia? Sebenarnya ada lima buah, akan tetapi pada April 2021 KRI Nanggala 402 dilaporkan hilang kontak di perairan Utara Bali. 

BACA JUGA:Perkuat Persenjataan, Prabowo Modernisasi Kapal Perang hingga 2023

Sebanyak 53 kru KRI Nanggala 402 gugur dan membuat kekuatan alutsista laut Indonesia berkurang.

Berikut ini 5 kapal selam milik Indonesia beserta spesifikasinya:

1. KRI Cakra 401

Alutsista ini disebut kapal selam paling uzur dan pertama yang dimiliki Indonesia. Nama KRI Cakra 401 berasal dari nama senjata pewayangan.

Kategori :