Jangan Anggap Sepele! 4 Tanda ini Menunjukkan Kalau Kamu Kelebihan Gula Darah

Kamis 27-04-2023,19:22 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

PAGARALAMPOS.COM - Kadar gula darah yang tinggi biasanya terjadi saat tubuh tidak memiliki hormon insulin yang cukup atau tidak bisa menggunakan insulin dengan baik.

Kondisi ini menyebabkan sel tubuh tidak dapat menyerap glukosa. Padahal glukosa diperlukan untuk menghasilkan energi dalam tiap sel tubuh. Alhasil, glukosa (gula) pun jadi tetap berada di aliran darah.

Karenanya, kadar gula darah yang tinggi tidak boleh diabaikan karena bisa memicu sejumlah penyakit serius. Penting bagi Anda untuk selalu mengontrol kadar gula darah demi memastikan fungsi tubuh berjalan dengan baik.

Berikut adalah tanda kadar gula darah tinggi:

1. Mengidam Makanan Manis

Kalau kamu merasa kesulitan untuk berhenti ketika sedang mengasup makanan atau minuman manis, enggak usah heran. Penjelasan di dalam buku The Sugar Detox: Lose Weight, Feel Great and Look Years Younger, menunjukkan semakin banyak gula yang dikonsumsi, maka semakin bertambah pula keinginanmu untuk mengonsumsinya.

BACA JUGA:Gila Bener! Celine Dion Rilis Lagu Baru dan Akan Debut Layar Lebar?

Hal ini bukan disebabkan karena kurangnya gula darah atau selera seseorang. Namun, makanan manis bisa membuat seseorang ketagihan karena kandungan yang terdapat di dalamnya.

2. Kelaparan

Pada dasarnya, kondisi diabetes tipe 1 dan 2 sama-sama bisa mengacaukan kadar glukosa. Kata ahli, hal inilah yang bisa menimbulkan siklus kelaparan di saat tubuh sedang mencoba mengembalikan kadar gula darah ke kondisi normal.

Kadar glukosa yang rendah memang bisa membuat nafsu makan seseorang meningkat, tapi kadar gula darah yang tinggi juga demikian. Seseorang akan sulit merasakan rasa kenyang ketika kadar gula darahnya melonjak.

3. Gerak Tubuh Lebih Lamban

Apa kamu sering merasa badan jadi lebih lamban dari biasanya? Bila kondisi ini sering kamu alami, bisa jadi hal itu menandai tingginya kadar gula darah. Gula darah yang tinggi ini menimbulkan lonjakan insulin yang menimbulkan berbagai masalah pada tubuh. Salah satunya, energi jadi enggak stabil.

BACA JUGA:Harus Waspada! Ini 7 Tanda Jantung Kamu Tidak Sehat

Ketika tubuhmu terlalu banyak mengonsumsi gula, level gula darah juga semakin tinggi, sehingga terjadilah pasang-surut energi.

Kategori :