6 Tips Ampuh Mengatasi Mual saat Hamil

Senin 17-04-2023,11:47 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

PAGARALAMPOS.COM - Kondisi mual dan muntah sudah menjadi gejala yang muncul pada perempuan di awal kehamilan dengan tingkat keparahan berbeda. 

Banyak wanita merasa lemah, lesu, dan tak bergairah jika rasa mual muncul cukup parah dan sering. Agar tetap bisa menjalani hari yang produktif, berikut berbagai cara mengatasi dan menghilangkan mual saat hamil.

da beberapa cara untuk mengatasi dan menghilangkan mual di masa kehamilan, termasuk hamil muda.

Mulai dari mengonsumsi obat dari dokter, pengobatan alami atau tradisional, hingga mengubah gaya hidup.

Supaya tidak bingung, berikut beberapa cara menghilangkan mual serta muntah untuk ibu hamil yang bisa dilakukan:

BACA JUGA:Kering Tanpa Budaya? Ini Budaya Pagaralam

1. Konsumsi jahe

Jahe merupakan bahan makanan yang populer digunakan untuk mengatasi mual saat hamil. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi jahe efektif untuk meredakan mual.

Efek jahe terhadap tubuh untuk meredakan rasa mual belum sepenuhnya diketahui. Akan tetapi, jahe dipercaya memiliki kandungan dengan mekanisme kerja yang serupa dengan obat antimual.

Konsumsi jahe memiliki efek samping yang lebih sedikit dibandingkan mengonsumsi obat-obatan. Meski beberapa peneliti berpendapat jahe kurang aman untuk dikonsumsi saat hamil, hal ini tidak sepenuhnya terbukti.

Sebagian besar individu aman untuk mengonsumsi jahe walaupun bahan makanan ini memiliki efek terhadap pembekuan darah. Bila ibu hamil memiliki kecenderungan tekanan darah yang rendah, kadar gula darah rendah, atau konsumsi obat pengencer darah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jahe secara rutin.

BACA JUGA:Ini Nama-nama Dusun di Pagaralam Penuh Sarat Makna dan Sejarah

Tidak ada dosis pasti yang dianjurkan untuk mengonsumsi jahe setiap hari. Berdasarkan penelitian, konsumsi jahe kering setiap hari sebanyak 0,5 sampai 1,5 g terbukti efektif untuk meredakan Morning Sickness yang dialami.

2. Aromaterapi

Aromaterapi ternyata juga memiliki efek yang baik bagi tubuh untuk meredakan mual jika ibu hamil mengalami Morning Sickness. Aromaterapi juga bisa membantu ibu untuk melakukan relaksasi.

Kategori :