Selain Papeda, 6 Makanan Khas Maluku Penuh Cita Rasa ini Wajib Kamu Cicipi

Selasa 11-04-2023,10:50 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

PAGARALAMPOS.COM - Makanan khas Maluku merupakan salah satu makanan Nusantara yang tak boleh dilewatkan. Makanan khas Maluku terkenal dengan rempah-rempahnya yang khas. 

Termasuk pala yang menjadi rempah-rempah melegenda di Tanah Maluku.

Menu makanan khas Maluku akan cepat mudah diterima. Pasalnya masakan khas Maluku didominasi cita rasa yang kaya, mulai dari gurih, asin, manis, hingga pedas. 

Inilah 6 makanan khas maluku yang wajib kamu coba cita rasanya melansir dari

BACA JUGA:Berani Datang Gak? 5 Goa Angker di Indonesia Terkenal Menakutkan

1. Gohu Ikan

Makanan tradisional Maluku satu ini juga dikenal sebagai sashimi-nya Maluku karena disajikan tanpa dimasak di atas api.

Cara penyajian gohu ikan pun cukup sederhana. Setelah ikan tuna atau cakalang sebagai bahan utama dibersihkan dan dipotong-potong, lumuri garam dan jeruk nipis. Setelah itu, diamkan ikan bersama kemangi untuk kemudian ditumis bersama bawang merah dan cabai rawit dengan minyak kelapa.

2. Manisan Pala

Manisan Pala khas Maluku satu ini terbuat dari Myristica fragrans, tumbuhan khas Kepulauan Banda yang kaya akan nutrisi.

Manisan pala terbuat dari campuran buah pala segar, air, garam, dan gula pasir yang waktu pengolahannya memakan lebih dari 1 hari. Waktu pengolahan yang cukup lama ini akan membuat tekstur pala menjadi empuk dan menghilangkan rasa sepat.

BACA JUGA:5 Destinasi Wisata yang Populer di Purwodadi

3. Woku Komo-Komo

Makanan khas Maluku yang terbuat dari sagu selanjutnya adalah woku komo-komo. Supaya rasanya tidak hambar, woku komo-komo diolah dengan berbagai rempah, salah satunya jahe.

Cita rasa khas dari Woku Komo-Komo juga diperoleh dari jeroan ikan yang dimasak bersama sagu dengan dibungkus daun woka.

Kategori :