5 Camilan Khas Bima Ini Wajib kamu Cobain Saat Berkunjung ke NTB

Minggu 09-04-2023,03:00 WIB
Reporter : Erick
Editor : Erick

PAGARALAMPOS.COM, Bima - Makanan khas Bima didominasi oleh olahan tradisional yang hingga saat ini masih hits. Kuliner merupakan salah satu bagian dari budaya yang juga harus tetap dilestarikan.

Kulineran di Bima akan memberikan pengalaman yang berbeda. Mengingat makanan yang anda coba belum tentu bisa anda temukan di kota lain yang ada di Indonesia.

Berikut ini beberapa Camilan wajib dicoba Yang ada di kabupaten bima Nusa Tenggara Barat.

1. Kue Kapore dan Koca

Makanan tradisional Bima yang juga jangan sampai terlewat adalah Kue Kapora dan Koca. Kue ini memiliki bentuk yang mirip dengan kue tradisional di Jawa yakni kue klepon. Karena anda akan menemukan isian gula merah di dalam kue ini. Bagian luarnya juga ditaburi dengan taburan kelapa, membuat rasanya makin gurih.

BACA JUGA:Wisata Di Bima Ini Bisa Bikin kamu Betah Di Pantai!

Namun kue Kapore akan ditambahkan dengan gula merah di parutan kelapa untuk taburan. Makanan ini biasanya akan dijadikan sebagai teman beristirahat dengan kopi atau teh. Para petani akan menyajikannya di siang hari. rasanya yang manis dan juga gurih, akan membuat siapapun yang mencicipinya ketagihan.

2. Kahangga

Kahangga merupakan camilan khas Bima yang juga menarik untuk anda cicipi. Dibuat dari tepung beras dan juga gula, kue tradisional ini memiliki rasa yang gurih dan manis. Jika biasanya Kahangga akan hadir di acara acara tertentu. Namun kini kapanpun anda bisa mencicipi kue satu ini. Apalagi Kahangga memiliki bentuk yang sangat unik.

BACA JUGA: 9 Fakta Unik Uma Lengge, Wisata Budaya Di Kabupaten Bima NTB

Dimana dalam membuatnya cetakannya dibuat dari batok kelapa yang diberikan lubang. Sehingga bentuknya seperti retakan retakan, inilah yang membuatnya dinamakan kahangga atau yang dalam bahasa Bima berarti retak. Teksturnya yang renyah dengan rasa yang nikmat, kue ini juga bisa anda jadikan buah tangan karena terbilang tahan lama.

3. Kue Mata Pisang

Kudapan yang juga kondang di Bima selanjutnya adalah Kue Mata Pisang. Seperti namanya, anda akan menemukan buah pisang dalam hidangannya. Dimana buah pisang akan dibungkus dengan ubi kayu yang telah diproses lebih dahulu. Pisang yang digunakan tidaklah sembarangan, biasanya menggunakan pisang kepok karena rasanya lebih manis.

Karena adonan ubi dengan pisang di bagian tengahnya, membuatnya terlihat seperti mata. alasan inilah yang akhirnya membuat panganan ini disebut Kue Mata Pisang. Untuk pelengkap, akan ditambahkan dengan gula, kelapa parut dan juga garam. Bagian ubinya akan dibuat berwarna warni agar tampilannya semakin menarik.

BACA JUGA:5 Spot Wisata Dengan View Keren Di Bima NTB

Kategori :