7 Tempat Wisata ini hanya ada di Lombok Timur, Nomor 1 ada Pantai Pink!

Kamis 20-04-2023,03:00 WIB
Reporter : Erick
Editor : Erick

Air terjun ini berada di wilayah Taman Nasional Gunung Rinjani. Artinya, lokasinya dilindungi dan gerbang masuknya pun melalui kantor taman nasional. Meski lokasinya cukup jauh, tempat ini cukup mudah dicapai dengan kendaraan pribadi. Kamu bisa memarkir kendaraan kamu di kantor taman nasional dan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri hutan untuk sampai ke lokasi air terjun.

Jarak air terjun ini tidak jauh, sekitar 1,5 kilometer saja. Meski tidak terlalu tinggi, sekitar 20 meter saja, air terjun ini cukup istimewa dipandang mata. Lokasinya seolah berada di sudut tebing yang dipenuhi tumbuhan hijau. Masyarakat sekitar percaya bahwa air di sini memiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Selain itu, ada legenda yang menyebut air di sini akan menyehatkan dan menumbuhkan rambut kamu.

BACA JUGA:Catat! ini Daftar Channel Siaran TV Digital di Kota Palembang

3. Gili Sulat & Gili Lawang

Dua pulau ini berada di timur laut Lombok dan secara umum masih berada dalam kondisi alami. Gili Sulat adalah pulau sepanjang lima kilometer dengan daya tarik utama berupa hutan bakaunya. Bakau atau mangrove adalah ekosistem penting yang bisa melindungi daratan dari abrasi. Selain itu hutan mangrove juga tempat berkembang biaknya banyak spesies ikan. Gili Sulat memiliki spesies mangrove paling lengkap di Asia Tenggara. Kamu bisa mengeksplorasi hutan ini dengan perahu, menyusuri perairan jernih kehijauan.

Gili Lawang juga memiliki pesona yang sama. Selain mangrove, tempat ini juga adalah lokasi snorkeling ideal. Air di sini sangat jernih dengan visibilitas tinggi. Arusnya tenang dan terumbu karangnya juga masih terjaga dengan baik. Jadi, eksplorasi alam di sini menjadi aktivitas yang wajib kamu coba. Untuk sampai ke kedua pulau ini, kamu bisa menyewa perahu dari Lombok.

BACA JUGA:Berkah Ramadhan Penjual Ikan Hias di Pagar Alam, Raup Pendapatan Lebih

2. Pantai Ekas

Teluk Ekas di tenggara Lombok memiliki banyak pantai menarik, termasuk Pantai Ekas. Tempat wisata di Lombok Timur ini adalah pantai ‘gersang’ di mana tidak banyak pepohonan yang tumbuh di sana. Garis pantainya panjang; ada yang berpasir putih lembut, berbatu, hingga langsung tebing tinggi. Keberagaman pantai ini menjadi daya tarik utama di Ekas.

Sementara itu, Pantai Surga memiliki pepohonan yang cukup rindang dengan pasir putih yang indah. Pantai ini diapit bukit-bukit hijau nan tinggi, membuatnya terasa seperti pantai eksklusif, terpisah dari pantai lainnya. Seperti kebanyakan pantai di sekitar sini, belum banyak fasilitas yang bisa kamu temukan, tapi keindahan alamnya memang memukau.

BACA JUGA:Rekomendasi Jam Tangan Pria Terbaik

1. Pantai Tangsi

Tak banyak pantai di dunia ini yang memiliki pasir berwarna merah muda alias pink, tapi Indonesia punya beberapa, salah satunya ada di Lombok. Pantai Tangsi yang berada di Jerowaru memiliki warna alami merah muda yang memukau. Warna ini bisa tercipta karena perpaduan antara pasir putih dengan serpihan karang merah yang sudah mati. Di sini, kamu bisa melihat gradasi warna yang tiada duanya. Dimulai dari pasir putih, merah muda, menuju air laut toska, hingga biru gelap di kedalaman.

Pantai ini masih sangat alami, salah satunya karena lokasinya yang terpencil. Medan darat yang relatif berat juga membuat banyak wisatawan memilih datang ke sini melalui jalur laut dengan menyewa perahu. Di salah satu spot wisata Lombok Timur ini belum ada fasilitas yang mengakomodasi kebutuhan wisatawan, jadi pastikan bawa bekal kalau ke sini. Selain menikmati keindahan langsung di pantai, kamu juga bisa naik ke bukit-bukit di sekitarnya untuk pemandangan yang lebih luas.

 

Kategori :