6 Makanan Tradisional Khas Aceh Beserta Bahan-bahannya

Kamis 30-03-2023,11:06 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

ACEH, PAGARALAMPOS.COM - Makanan tradisional Aceh dan gambar serta penjelasannya merupakan informasi wajib diketahui bagi pecinta kuliner nusantara, baik yang ada di Indonesia maupun yang berada di luar negeri. Kuliner tradisional Aceh merupakan khazanah budaya bangsa yang harus dirawat bersama – sama.

Kini, beberapa makanan tradisional di Tanah Rencong itu masih ada yang disajikan dan ada pula yang sudah susah mencarinya. Didaerah tertentu saja, makanan tersebut bisa ditemukan.

Berikut ini kita bahas satu persatu mengenai makanan tradisional Aceh.

1. Mie Aceh 

Mie Aceh terbuat dari mie berbahan dasar tepung terigu berwarna kuning. Hidangan ini dilengkapi dengan kubis, tauge, udang, daging kambing, dan tomat.

BACA JUGA:5 Wisata Kuliner di Merangin yang Terkenal, Enak dan Murah!

Mie Aceh terasa lezat karena menggunakan perpaduan rempah kapulaga, jintan, kunyit, cabai merah, dan lada serta bawang putih, bawang merah, cuka, kecap manis, daun bawang, daun seledri dan garam. Sebagai pelengkap, mie Aceh disajikan dengan acar mentimun dan emping. 

2. Keumamah 

Keumamah terbuat dari ikan tuna yang dimasak menyerupai abon dan memiliki rasa gurih. Makanan khas Aceh ini dibuat menggunakan ikan yang direbus, dijemur, dan disuwir lalu diaduk bersama bumbu bawang merah, bawang putih, cabai hijau, cabai rawit, jahe, ketumbar, merica, gram, dan asam sunti.

Kemudian semua bahan ditumis hingga kering. Setelah kadar airnya berkurang, keumamah dapat bertahan sekitar satu bulan tanpa bahan pengawet. 

3. Baku Pinget 

Baku pinget merupakan makanan khas Suku Alas di Aceh. Hidangan ini berbahan dasar ikan lele dan pakis pakuk yang dimasak dengan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kunyit, jahe, serai, lengkuas, kemiri dan santan.

BACA JUGA:7 Wisata Kuliner di Merangin yang Terkenal, Wajib Dicoba!

Agar semakin lezat, belimbing wuluh, kecombrang, dan daun jeruk purut ditambahkan. Kombinasi bumbu dan ikan menghasilkan cita rasa gurih dan segar.  

4. Sie Reuboh 

Kategori :