5 Wisata Kuliner di Merangin yang Terkenal, Enak dan Murah!

Kamis 30-03-2023,03:55 WIB
Reporter : Rerry
Editor : Rerry

MERANGIN,PAGARALAMPOS.COM - Merangin memiliki sederet wisata kuliner yang terkenal mampu menggugah selera. Anda bisa mencicipi berbagai olahan laut, sayur, dan daging yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Jambi ternyata memiliki banyak wisata menarik yang bisa dikunjungi oleh wisatawan, mulai dari wisata alam, sejarah, hingga wisata kuliner. Seperti umumnya kota lain yang ada di Indonesia, tiap daerah memiliki cita rasa dan jenis makanan yang khas antara satu dengan yang lain, begitu pula dengan kota Merangin yang berada di Jambi.

BACA JUGA:5 Pilihan Tempat Wisata Kuliner di Muara Enim Ketika Anda mengunjungi Merangin, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi berbagai menu dan makanan khas yang ada disana. Cita rasanya tidak bisa Anda temukan di kota lain, karena ia dimasak dengan bumbu dan resep khusus masyarakat kota Merangin. Untuk mencobanya, Anda bisa mengunjungi pusat-pusat kuliner yang ada disana. Jika Anda hendak mengunjungi Merangin dalam waktu dekat, baik sekedar mampir atau memang ingin melakukan wisata kuliner, berikut merupakan rekomendasi tempat makan dan pusat wisata kuliner yang sebaiknya Anda kunjungi di Merangin.

BACA JUGA:Wajib Dicoba! Ini 9 Kuliner Lahat yang Enak Jangan khawatir terkait dengan harga makanan, sebab semuanya cukup terjangkau. 1. Gelamai Yunani Pulau Renggas Ketika berkunjung ke Merangin, Anda tidak boleh melupakan oleh-oleh khas dari sana, yakni Gelamai. Anda bisa menjadikannya sebagai buah tangan untuk keluarga, saudara, ataupun kolega. Ciri dan bentuk gelamai agak mirip dengan dodol, sehingga bisa Anda kenali secara cepat ketika melihatnya.

BACA JUGA:7 Wisata Kuliner di Kerinci yang Terkenal, Wajib Dicoba! Bahan utama pembuatan gelamai sebenarnya sederhana, yakni santan kelapa, gula merah, tepung ketan, dan belakangan menggunakan tambahan variasi rasa buah. Sehingga memberikan sensasi yang berbeda ketika Anda memakannya. Buah yang digunakan merupakan buah yang umum ditemukan di Merangin, yakni durian. Jika Anda ingin mendapatkan gelamai dengan harga terjangkau dan rasa yang otentik, Anda bisa mengunjungi Gelamai Yunani Pulau Renggas sebagai sentra yang terkenal dalam pembuatan gulamai.

BACA JUGA:7 Wisata Kuliner di Merangin yang Terkenal, Wajib Dicoba! Selain disana, Anda juga bisa mengunjungi Gelamai Perentak yang lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota. Lokasi: Pulau Rengas, Kec. Bangko Barat, Kab. Merangin. 2. Dapur Merangin Sesuai namanya, tempat makan ini menyajikan berbagai menu makanan khas daerah Merangin.

BACA JUGA:Eksploitasi Objek Wisata, Nikmati Kuliner Daerah Ruangannya cukup lebar dan ditata dengan sederhana, sehingga Anda bisa datang secara rombongan untuk makan di rumah makan ini. Makanan yang disediakan beragam, dari olahan ikan, gulai cangkok kepayang, serta sla bance sebagai makanan khas Merangin. Selain rasanya yang enak, harga yang ditawarkan di rumah makan ini cukup terjangkau. Jadi Anda bisa memesan berbagai masakan khas Merangin secara serentak.

BACA JUGA:Sambang Peduli Kasih Kapolres Pagar Alam Diapresiasi Masyarakat

Pelayanan yang diberikan juga ramah, sehingga ia mendapatkan banyak rekomendasi dari pelanggan yang sebelumnya pernah bersantap di tempat ini. Menu yang sering direkomendasikan adalah gulai siput, yang bahan utamanya terbuat dari siput sungai. Cara memakannya juga unik, Anda harus menghisap kuat cangkang siput tersebut untuk mendapatkan dagingnya. Namun hati-hati, sebab kuahnya cukup pedas, jadi Anda rawan tersedak.

BACA JUGA:7 Hidden Gem di Sekitar Danau Toba Jadi Rekomendasi Tempat Wisata Lokasi: Pematang Kandis, Kec. Bangko, Kab. Merangin. 3. Rumah Makan Perentak Berlokasi di pasar kota Bangko, di Rumah Makan Perentak Anda juga bisa mendapatkan berbagai menu masakan khas Merangin. Lokasinya yang strategis membuat pengujung bisa mengaksesnya dengan mudah, apalagi harga yang ditawarkan juga cukup murah, sehingga banyak orang tertarik untuk mampir di rumah makan ini. Menu masakan yang disediakan beragam, tapi gulai kepala ikan merupakan menu makanan yang direkomendasikan.

BACA JUGA:5 Pilihan Tempat Wisata Kuliner di Muara Enim Harganya memang cukup mahal, namun rasanya yang sedap tidak boleh dilewatkan. Anda juga bisa memesan jenis gulai lain yang banyak pilihan variannya. Anda bisa merasakan cita rasa masakan khas Bangko dan Merangin di rumah makan ini. Bumbu yang digunakan kebanyakan merupakan cabe rawit, bawang merah dan putih, santan, serta lengkuas.

BACA JUGA:7 Tempat Wisata di Kabupaten Tebo Terbaru dan Paling Hits Perpaduan berbagai rempah tersebut membuat kuah gulai menjadi kaya akan rasa, gurih dan lezat. Lokasi: Jl. Raya Bangko-Kerinci, Pasar Bangko, Kec. Bangko, Kab. Merangin. 4. Pasar Baru Bangko Sebagai tempat untuk aktivitas jual beli masyarakat kota Bangko dan Merangin, Anda juga bisa berwisata kuliner di tempat ini.

BACA JUGA:7 Destinasi Wisata Jawa Barat, Alternatif Selain Kota Bandung Biasanya makanan yang dijual adalah makanan khas Merangin serta jajanan tradisional. Jangan khawatir dengan harganya, semua murah dan terjangkau. Salah satu menu makanan yang bisa Anda temui dengan mudah adalah lemang. Lemang merupakan beras ketan yang dimasak menggunakan santan kelapa.

BACA JUGA:Wajib Dikunjungi! Ini 7 Tempat Wisata di Sungai Penuh Terbaru & Paling Hits Adonan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam bambu untuk dibakar, cita rasanya gurih sehingga bisa dimakan langsung atau dicampur dengan lauk lainnya. Kuliner lain yang bisa Anda coba adalah jajanan pasar tradisional yang dijual setiap harinya. Lemang biasanya banyak ditemukan ketika bulan Ramadhan sebagai menu buka puasa, namun masih bisa Anda beli di hari biasa di beberapa tempat khusus, Pasar Baru Bangko merupakan salah satunya. Lokasi: Pematang Kandis, Kec. Bangko, Kab. Merangin.

BACA JUGA:Dorong Implementasi Bisnis Berbasis ESG, Bank Mandiri Pasang 556 Unit Panel Surya 5. Pasar Beduk Pasar Beduk merupakan pasar masyarakat yang berada di sekitar wilayah Pasar Besar Bawah. Menariknya Pasar Beduk tidak buka setiap pagi seperti pasar pada umumnya, yakni di sore hari menjelang beduk maghrib. Inilah asal mula penyebutan Pasar Beduk, yang kemudian digunakan seiring berjalannya waktu. Jika Anda berkunjung ke Merangin di waktu Ramadhan, jangan lupa untuk mengunjungi pasar ini.

BACA JUGA:Sambang Peduli Kasih Kapolres Pagar Alam Diapresiasi Masyarakat

Selain bisa melihat berbagai aktivitas masyarakat menjelang buka puasa, Anda juga bisa membeli berbagai menu takjil dan buka puasa dengan harga yang cukup terjangkau. Menu yang paling banyak dicari ketika Pasar Beduk beroperasi adalah lemang. Harganya terjangkau, sekitar 5 ribu sampai 35 ribu untuk tiap batangnya. Jika belum puas, Anda bisa berkeliling Pasar Beduk untuk menemukan berbagai menu khas Ramadhan yang dijual disana secara insidental. Lokasi: Kec. Bangko, Kab. Merangin.*

Kategori :