Kok Bisa Telat Makan Picu Diabetes, Yuk Simak Penjelasannya Disini

Sabtu 04-03-2023,11:48 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

PAGARALAMPOS.COM - Telat makan malam tidak bisa disepelekan. Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang yang makan di atas jam 10 malam akan membakar lemak 10 persen lebih sedikit dalam semalam dibandingkan mereka yang makan pada pukul 6 sore. 

Sebuah studi menyarankan untuk makan malam lebih awal dan dalam porsi tak besar. Sekresi insulin paling efektif terjadi saat pagi. 

Sekresi insulin tak begitu efektif saat malam. Kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan obesitas, diabetes bahkan penyakit jantung. 

Berdasarkan analisis, peneliti menemukan bahwa terlambat makan malam dikaitkan dengan periode postprandial yang tumpang tindih dengan fase tidur.  

Periode postprandial setelah makan malam ditandai dengan kadar gula darah sedang tinggi-tingginya, dan beberapa proses metabolik lainnya. 

BACA JUGA:Daftar Vitamin yang Bagus untuk Menjaga Kesehatan Pernapasan

Pada kesimpulannya yaitu menunda makan malam menyebabkan seseorang menyimpan karbohidrat yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan, kadar gula dan insulin. 

insulin dan glukosa seseorang akan lebih tinggi ketika seseorang telat makan malam. Sedangkan, makan malam lebih awal, sekitar jam 6 sore, akan menghasilkan perubahan hormon yang membantu Kamu merasa kenyang lebih lama.

Sebagaimana diketahui, gula darah yang tidak terkontrol adalah salah satu penyebab utama dari diabetes. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Saat Anda telat makan, jam biologis tubuh yang mengendalikan berbagai sistem dan jaringan juga ikut berubah. Akibatnya, sistem metabolisme tubuh, termasuk metabolisme energi juga mengalami perubahan. Kondisi ini berimbas buruk pada bagaimana tubuh merespons insulin. Perlu diketahui, insulin adalah sejenis hormon yang diproduksi oleh pankreas yang ditujukan untuk membantu sel-sel mengambil sekaligus memanfaatkan gula darah sebagai sumber energi.  Sayangnya, karena terjadi perubahan jam biologis, pankreas mengalami kewalahan dalam memproduksi insulin dan akhirnya memicu datangnya hiperglikemia, kondisi kadar gula darah yang melebihi batas normal. Inilah alasan mengapa makan telat bisa picu diabetes. 

BACA JUGA:Sering Kebas atau Mati Rasa Pada Anggota Tubuh? ini Penyebabnya

Selain bisa memicu diabetes, kebiasaan makan telat juga bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan, di antaranya: 

1. Tubuh Mudah Lelah  Persediaan energi dan zat gizi paling banyak berasal dari makanan.  Jika telat makan, tubuh tidak mempunyai cukup energi untuk menjalankan fungsinya. Terlebih, metabolisme tubuh akan berjalan lebih lama. Kondisi ini, membuat tubuh akan menghemat kalori. Hal ini lama kelamaan bisa membuat tubuh cepat lelah.

2. Meningkatkan Risiko Tukak Lambung Telat makan erat kaitannya dengan gangguan sistem pencernaan, termasuk tukak lambung. Kebiasaan telat makan bisa membuat dinding lambung terluka dan mengalami iritasi. 

3. Menurunkan Imun Tubuh Dalam jangka panjang, kebiasaan waktu makan yang tidak teratur bisa membuat sistem kekebalan tubuh menurun dan membuat tubuh lebih rentan terkena penyakit.(*)

Kategori :