10 Rekomendasi Makanan Penurun Darah Tinggi

Kamis 23-02-2023,13:11 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

Bahan makanan ini biasanya dikonsumsi sebagai menu sarapan. Jika merasa oatmeal terlalu hambar, Anda bisa menambahkan buah segar atau sedikit madu.

7. Ikan

Ikan juga salah satu makanan yang ampuh menjadi penurun hipertensi. Penelitian yang diterbitkan oleh The Journal Nutrition menyebutkan bahwa makan ikan berlemak sebanyak tiga kali seminggu dikaitkan dengan penurunan tekanan darah diastolik selama lebih dari delapan minggu.

Selain itu, banyak penelitian sebelumnya yang telah menemukan bahwa asam lemak omega-3 yang terkandung di makanan berbahan dasar ikan memiliki efek penurun tekanan darah tinggi.

Namun, lagi-lagi Anda perlu memerhatikan penambahan garam dalam memasak ikan. Pasalnya, penggunaan garam yang berlebihan pada makanan justru dapat menjadi penyebab hipertensi.

8. Kacang lima

Kandungan kalium yang tinggi membuat kacang lima cocok dijadikan sebagai makanan penurun darah tinggi. Kacang lima juga mengandung serat dan protein yang tentu baik untuk penderita hipertensi.

BACA JUGA:Cara Efektif Menghilangkan Stretch Mark

Anda dapat mengonsumsi kacang lima dengan cara merebusnya, baik langsung dimakan atau mencampurkannya dengan sayuran lain. Ingat, bila ingin menambahkan rasa, cukup tambahkan sedikit garam.

9. Biji rami (flaxseed)

Kandungan omega-3 dalam biji rami atau flaxseed juga dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Hypertension padan 2013 menyebutkan bahwa mengonsumsi flaxseed dapat membantu menurunkan tekanan darah selama enam bulan pada orang dengan hipertensi.

Selain omega-3, flaxseed juga mengandung asam alfa linolenik, lignan, peptida, dan serat yang mungkin juga dapat berpengaruh pada tekanan darah.

10. Cokelat hitam

Penelitian dalam jurnal BMC Medicine tahun 2010 menyebutkan bahwa cokelat hitam dapat menjadi makanan penurun darah tinggi bagi orang-orang yang mengalami hipertensi atau prehipertensi.

BACA JUGA:Bunda, kamu harus Tau Penyebab dan Cara Mengatasi Muntaber Pada Anak

Kategori :