Kadinkes Sumsel Himbau Petugas Rumah Sakit Selalu Update SIRS dan Monitor SISRUTE

Kamis 23-02-2023,10:45 WIB
Reporter : dinkes.sumselprov.go.id
Editor : Elis

PAGARALAMPOS.COM - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, de. H. Trisnawarman M.Kes, SpKKLP (Dokter Tris) mengimbau kepada petugas rumah sakit agar melakukan update data laporan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) secara online pada aplikasi SIRS. 

Hal ini disampaikan Pada pertemuan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM RS) , Selasa 21 Februari 2023 di Ballroom  Swarna Dwipa Palembang.

“kami menghimbau semua Rumah Sakit yang ada di Provinsi Sumatera Selatan segera Update data di aplikasi RS Online dan pengiriman pelaporan SIRS Online data tahun 2022 selambat-lambatnya tanggal 31 Maret 2023 dan kami juga mengharapkan agar Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota bersama-sama aktif memonitor pelaporan SIRS Tahun 2022 di wilayahnya masing-masing” kata Dokter Tris.

“Pencapaian Laporan SIRS Online tahun 2022 dari 85 Rumah sakit yang ada di Provinsi Sumatera Selatan ada sebanyak 59 RS yang Laporan nya 75 % keatas dan saya berharap agar dapat ditingkatkan lagi guna pemenuhan kebutuhan Data untuk evaluasi dan pengambilan kebijakan dalam menyusun Perencanaan dalam Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit. Untuk Rumah sakit yang belum Melapor agar Dinas Kesehatan Kab/Kota dapat memberikan Sanksi agar Proses Perizinannya di tangguhkan” tegasnya.

BACA JUGA:Kadinkes Sumsel Membuka Secara Resmi Acara Peringatan Hari Isra Miraj

Diketahui berdasarkan surat Edaran Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Nomor IR.03.01/I.1/318/2023 tentang Kewajiban Pengiriman Laporan SIRS ( Sistem Informasi Rumah Sakit ) Data Tahun 2022 dan berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 1171 tahun 2011 tentang Sistem Informasi Rumah Sakit disebutkan bahwa setiap rumah sakit wajib melaporkan SIRS. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, persentase capaian pelaporan SIRS Online, update 20 Februari Tahun 2023, Sumsel meraih posisi nomor lima dengan angka 82,07.

Dokter Tris juga mengharapkan agar semua RSUD diutamakan meningkatkan pelayanan kesehatan rujukan. kita harapkan rs ada unggulannya , dan tidak perlu jauh-jauh ke palembang. “di Muratara misalnya cukup ke linggau,  OKU Timur cukup ke RS Baturaja , Bayung Lencir cukup ke RS Sekayu” jelasnya

Pada paparan materi Dokter Tris harapkan di dalam transformasi kesehatan agar SDM RS ikut serta program Kemenkes yang memberikan beasiswa tugas belajar, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dari Kemenkeu. “saya selalu men share kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kota terkait informasi tugas belajar dari pusat, kalau ada yang ingin sekolah untuk meningkatkan SDM  untuk mengikuti tugas belajar” katanya.

Dokter Tris juga mengingatkan kepada 75 orang  peserta  dari RS Se Sumsel yang hadir agar Sistem Informasi Rujukan Tempat Tidur selalu dipantau dua empat jam. “tolong Sisrute agar dijaga selama dua puluh empat jam oleh petugas rs karena waktu penanganan medis sangat menentukan” pungkasnya.

BACA JUGA:Menkes Punya Cara Baru Atasi Cegah Stunting Melalui Pemanfaatan Chatbot Whatsapp

Pada tempat dan waktu yang sama, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan, H. M. Ifan Fahriansyah, SKM, M.Kes melaporkan maksud, tujuan serta materi yang disampaikan pada pertemuan. “Maksud kegiatan Terselenggaranya sistem informasi Rumah Sakit yang terintegrasi dan Sistem Pencatatan dan Pelaporan Rumah Sakit yang Tepat dan Akurat .. Tujuannya yaitu  Peningkatan Mutu Pengelolaan sistem pecatatan dan Pelaporan Rumah Sakit, Tersedianya Data Profil Rumah Sakit yang Terupdate, Meningkatkan kemampuan SDM dalam mengelola SIMRS, Adapun materi yang diberikan pada Pertemuan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit ( SIM RS ) Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023 adalah Kebijakan Pelayanan Kesehatan di Provinsi Sumatera Selatan, Kebijakan Pelaporan SIRS Online, Bimtek Juknis SIRS Online Rev 6 V 2, Presensi Laporan SIRS Online 2022, Juknis Dashboard SIRS DHIS 2 (Filter _ Export), Evaluasi Laporan SIRS Online dan Evaluasi Update RS Online DESK Laporan SIRS ONLINE” papar Ifan dengan lengkap dan jelas dalam laporan.(*)

 

Berita ini telah tayang dilaman dinkes.sumselprov.go.id dengan judul: RS Sumsel Taati Edaran Kemenkes Selalu Update SIRS dan Monitor SISRUTE

 

Kategori :