Kenali 9 Faktor Risiko Penyebab Leukimia

Sabtu 18-02-2023,11:15 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

Beberapa faktor diyakini dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit leukemia. Faktor-faktor tersebut, yaitu:

1. Penambahan usia

Penyakit leukemia memang bisa dialami oleh siapapun, termasuk pada anak-anak. Meski demikian, leukemia lebih sering ditemukan pada orang lansia, yaitu di atas 65 tahun, terutama pada jenis leukemia mieloid akut (AML), leukemia limfositik kronis (CLL), atau leukemia mieloid kronis (CML).

Dengan demikian, risiko penyakit ini bisa semakin meningkat seiring dengan pertambahan usia. Adapun pada jenis leukemia limfoblastik akut (ALL) umumnya ditemukan pada anak-anak atau yang berusia di bawah 20 tahun.

2. Jenis kelamin pria

Leukemia lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita. Dengan demikian, pria bisa lebih berisiko terkena leukemia.

BACA JUGA:Kenali Faktor Penyebab Batu Amandel dan Cara Pencegahannya

3. Pengobatan kanker sebelumnya

Pengobatan kanker, seperti radioterapi dan kemoterapi, dapat menyebabkan perubahan atau mutasi DNA, yang kemudian dapat menjadi penyebab kanker lainnya, seperti leukemia. Jenis leukemia AML pun umumnya terkait dengan pengobatan berbagai macam kanker, seperti limfoma, leukemia ALL, dan jenis kanker ganas lain, seperti kanker payudara dan kanker ovarium.

4. Terpapar radiasi

Seseorang yang terpapar radiasi tingkat tinggi, seperti dari ledakan bom atom, bekerja di pabrik senjata atom, atau kecelakaan reaktor nuklir, berisiko tinggi terkena leukemia.

5. Terpapar bahan kimia

Paparan bahan kimia tertentu, seperti benzena, juga bisa menjadi faktor penyebab penyakit leukemia. Adapun benzena adalah bahan kimia yang ditemukan dalam bensin atau digunakan dalam industri kimia, seperti untuk pembuatan plastik, karet, pewarna, pestisida, obat-obatan, dan deterjen.

BACA JUGA:Terbukti Ampuh, Berikut ini Obat Sakit Pinggang Alami yang Patut Kamu Coba

Selain benzena, paparan bahan kimia formaldehyde secara terus menerus juga disebut dapat meningkatkan risiko seseorang terkena leukemia. Adapun formaldehyde umumnya ditemukan dalam bahan bangunan dan banyak produk rumah tangga, seperti sabun, sampo, dan produk pembersih.

6. Kebiasaan merokok

Kategori :