6 Langkah Pemeriksaan Awal Deteksi Kanker Payudara

Selasa 07-02-2023,13:39 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

Pemeriksaan ini bisa dilakukan meski Anda tidak memiliki keluhan apa pun terkait payudara. Bahkan, tes ini direkomendasikan bagi wanita berusia lanjut sebagai salah satu cara deteksi dini kanker payudara.

4. USG payudara

USG (ultrasonografi) payudara atau USG mammae merupakan tes kanker payudara dengan bantuan gelombang suara yang menampilkan gambar di layar komputer.

BACA JUGA:Waspada, Tanda-tanda Infeksi pada Luka Pasca Operasi

Pemeriksaan ini bisa mendeteksi perubahan pada payudara, seperti benjolan atau perubahan jaringan.

Selain itu, USG payudara juga bisa membedakan apakah benjolan tersebut berisikan cairan yang berarti kista payudara atau benjolan padat yang mungkin menjadi cikal-bakal kanker.

5. MRI payudara

Magnetic resonance imaging atau MRI payudara merupakan tes kanker payudara dengan magnet dan gelombang radio.

Kombinasi keduanya akan menghasilkan gambar seluruh bagian payudara dan menunjukkan jaringan lunak dengan sangat jelas.

BACA JUGA:Dokter jelaskan penyakit yang harus diwaspadai di musim hujan

Pemeriksaan MRI merupakan pemeriksaan lanjutan saat seseorang didiagnosis kanker payudara dengan tujuan mengetahui ukuran kanker dan mencari kemungkinan tumor lain pada payudara.

Wanita yang berisiko tinggi terkena kanker payudara, misalnya karena memiliki riwayat keluarga dengan kanker payudara, juga disarankan melakukan MRI lengkap dengan mamografi tahunan.

Pasalnya, ada beberapa temuan kanker yang hanya bisa dideteksi dengan mamografi.

Selalu konsultasikan dengan dokter mengenai cara mengecek dan mengenali gejala kanker payudara yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

6. Biopsi

Biopsi payudara dilakukan ketika pemeriksaan fisik, mamografi, atau tes pencitraan kanker payudara lain menunjukkan adanya sel kanker.

Kategori :