Tips Atasi Rambut Rontok Untuk Ibu Hamil

Sabtu 08-04-2023,14:21 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM - Kondisi rambut rontok saat hamil kadang bikin stres ya, Ma! Rambut jadi tak seindah dulu lagi, padahal kita semua pun tahu bahwa hormon adalah hal yang menjadi penyebab masalah ini.

Tapi jangan panik, Ma! Ternyata, rambut rontok selama kehamilan tetap bisa dicegah, lho. 

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron yang membuat rambut menjadi lebih kering dan mudah patah atau rontok.

Pada dasarnya, 90 persen rambut yang ada di kepala sedang mengalami fase pertumbuhan, sedangkan 10 persen lainnya memasuki fase istirahat yang kemudian akan rontok setiap 2–3 bulan untuk digantikan dengan rambut baru.

Saat hamil, perubahan hormon terkadang menyebabkan jumlah rambut yang masuk ke fase istirahat meningkat hingga mencapai 60%. Kondisi ini disebut juga telogen effluvium. Rambut rontok saat hamil biasanya terjadi pada usia kehamilan sekitar 1–5 bulan.

Selain karena perubahan hormon, rambut rontok saat hamil juga terkadang disebabkan oleh beberapa kondisi tertentu, seperti:

  • Kekurangan mineral atau vitamin
  • Stres saat hamil
  • Penghentian pemakaian pil KB atau KB suntik
  • Penyakit tertentu, misalnya gangguan tiroid dan PCOS
  • Efek samping obat-obatan, misalnya obat penurun tekanan darah, obat pengencer darah, obat epilepsi, dan antidepresa

Tips Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil

Jika Bumil mengalami rambut rontok dan merasa terganggu karenanya, ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meminimalkan rambut rontok, yaitu:

1. Gunakan sampo yang tepat

Saat keramas, gunakan sampo dan kondisioner dengan kandungan yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi. Saat memilih sampo dan kondisioner, pilihlah produk yang mengandung silika dan biotin, karena dinilai aman dan efektif untuk mengatasi rambut rontok.

2. Gunakan suplemen khusus

Suplemen yang mengandung vitamin C, biotin, vitamin B kompleks, vitamin E, dan seng terbukti dapat memperkuat rambut. Namun, jika ingin menggunakan suplemen tersebut untuk mengatasi rambut rontok, Bumil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

3. Hindari menyisir rambut saat basah

Rambut cenderung lebih rapuh saat basah. Oleh karena itu, hindari menyisir rambut dalam keadaan basah, terutama dengan sisir bergigi rapat. Rambut basah dapat disisir terlebih dulu dengan menggunakan jari tangan. Selain itu, hindari juga terlalu sering menyisir rambut.

4. Hindari terlalu sering mengikat rambut

Kategori :