Penemuan Zaman Kuno Sekarang Masih Kita Gunakan, Ternyata Sejarahnya Seperti Ini

Penemuan Zaman Kuno Sekarang Masih Kita Gunakan, Ternyata Sejarahnya Seperti Ini

Foto : Kertas buku.-Penemuan Zaman Kuno Sekarang Masih Kita Gunakan, Ternyata Sejarahnya Seperti Ini-National geographic

PAGARALAMPOW.COM - Sejak awal peradaban sekitar 12.000 tahun yang lalu, manusia melewati beberapa zaman dengan kreativitas dan penemuan yang intens.

Dari pertanian hingga arsitektur, dari hiburan hingga perang, dari politik hingga ekonomi. Dalam sejarah dunia, semua aspek peradaban tunduk pada pemikiran para penemu yang membentuk masa depan peradaban.

Berikut adalah penemuan-penemuan kuno yang kita gunakan saat ini yang jauh lebih tua dari yang Anda kira.

Kertas

Sebelum kertas, kita menggunakan beragam permukaan untuk mencatat. Kata paper (kertas) berasal dari bahasa Latin papyrus yang diambil dari bahasa Yunani.

BACA JUGA:Wisata Uang Kertas, Mengunjungi Tempat Wisata yang Menjadi Icon Rupiah

Kata Yunani papyrus diperkirakan berasal dari bahasa Mesir pa-per-aa yang berarti dari Firaun. Hal ini berarti Firaun mengendalikan produksi produk tersebut.

Kertas yang kita miliki saat ini dibuat dengan cara yang sangat berbeda dan kertas tersebut berevolusi bukan dari Mesir kuno, namun dari Tiongkok kuno. Proses pembuatan pulp kertas dilakukan oleh seorang kasim istana di Dinasti Han bernama Cai Lun.

Ia hidup pada abad ke-2 Masehi. Metodenya melibatkan pengepresan bubur kayu basah ke dalam kain tenun. Butuh beberapa ratus tahun bagi teknologi untuk menyebar ke luar Tiongkok.

Meskipun informasi sudah digitalisasi saat ini, penemuan kuno ini tidak ketinggalan zaman. Permintaan kertas global diperkirakan masih akan terus meningkat sepanjang dekade mendatang.

BACA JUGA: Mal Pertama di IKN Menghabiskan Rp5 Triliun, Tidak Dibangun oleh Negara, Ini Pemiliknya!

Kalender

Ketika umat manusia beralih dari masyarakat pemburu-pengumpul menuju kehidupan menetap, pertanian menjadi penting.


Foto : Kalender matahari, awal mula alamanak.k-Penemuan Zaman Kuno Sekarang Masih Kita Gunakan, Ternyata Sejarahnya Seperti Ini-National geographic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: