Apakah Berbahaya Jika Haid Keluar Darah yang Menggumpal? Yuk Simak Penjelasannya Disini

Apakah Berbahaya Jika Haid Keluar Darah yang Menggumpal? Yuk Simak Penjelasannya Disini

Apakah Berbahaya Jika Haid Keluar Darah yang Menggumpal? Yuk Simak Penjelasannya Disini-foto : net-

PAGARALAMPOS.COM - Munculnya gumpalan darah haid umumnya bukan merupakan kondisi kesehatan yang serius dan sangat normal terjadi. 

Namun, gumpalan darah yang muncul secara terus-menerus setiap haid bisa menjadi gejala dari penyakit tertentu, termasuk obstruksi tuba, hingga kanker. 

Untuk lebih jelasnya, ketahui penyebab darah haid menggumpal berikut ini.

Selama haid berlangsung, lapisan rahim mengalami penebalan untuk mempersiapkan kehamilan. 

Jika kehamilan tidak terjadi, terdapat hormon yang memberi sinyal ke lapisan rahim untuk meluruhkan darah sehingga terjadilah perdarahan yang biasa disebut haid.

Darah haid menggumpal biasanya berlangsung pada masa awal haid. Namun, kondisi ini bisa berlangsung lebih lama pada wanita yang biasa mengalami haid lebih panjang.

BACA JUGA:Gak Pkae Nyesel! Ini Jawabannya, Bagaimana Memilih Rambut Pendek yang Cocok dengan Bentuk Wajah

Gumpalan darah saat haid tampak menyerupai gel berwarna merah terang hingga merah tua kecokelatan. Darah haid menggumpal dianggap normal bila hanya terjadi sesekali dan tidak lama.

Kondisi ini menjadi tidak normal dan perlu segera mendapat penanganan dokter ketika darah yang menggumpal saat haid berukuran besar atau sekitar 2,5 cm, bertahan lebih dari 7 hari, dan tidak kunjung berkurang hingga membuat Anda harus mengganti pembalut kurang dari 2 jam sekali.

Kondisi yang Perlu Diwaspadai

Selain akibat darah haid yang terlalu banyak, darah menggumpal juga dapat disebabkan oleh beberapa kondisi yang lebih serius, seperti:

1. Ketidakseimbangan hormon

Kondisi lapisan rahim tergantung pada keseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Ketidakseimbangan hormon ini dapat memengaruhi perdarahan saat haid. Perdarahan yang berat memicu terjadinya darah haid menggumpal.

BACA JUGA:Keajaiban Gunung Padang: Temuan Menarik dan Keberadaan Harta Karun yang Dipertanyakan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: