BSB Alokasikan KUR Rp2,5 T

BSB Alokasikan KUR Rp2,5 T

Walikota Pagaralam didampingi Kacab Bank SumselBabel dan Plt Kadisprindagkop UKM serahkan bantuan CSR, Kamis 29 Desember 2022.-Gusti-Pagaralampos.com

PALEMBANG, PAGARALAMPOS – Bank Sumsel Babel (BSB) terus mendorong UMKM di Provinsi Sumsel agar bisa bertumbuh dan berkembang.
Salah satunya melalui pemberian Kredit Usaja Mikro (KUR) kepada pelaku UMKM. Bank plat merah milik Pemprov Sumsel ini mengalokasikan KUR hingga Rp2,5 triliun di tahun ini.
“Kita punya produk KUR yang sejauh ini sangat direspon positif oleh pelaku usaha,” kata Moch. Robi Hakim, Pemdiv SKP BSB saat silaturahmi dengan General Manager Sumatera Ekspres, Hj Nurseri Marwah dan tim, kemarin.
Robi sendiri didampingi oleh Pimbag SMC Nurhanim Farida, Senior Analis Berry Satria, Asisten Yandhi Fakhlevy, dan Analis Wulan Citra.
Robi mengatakan KUR ini menjadi andalan BSB dan menarik banyak minat pelaku UMKM mengingat bunganya hanya sebesar 6 persen per tahun atau 0,5 persen per bulan. Asuransi-nya pun sudah ditanggung. “Makanya pembiayaan ini sangat direspon positif UMKM di Sumsel dan sangat membantu,” tuturnya.
Ia mengatakan pihaknya pun berencana memfokuskan KUR yang naik kelas.
Ia berharap dari total 1.000 nasabah yang telah menerima KUR tidak dalam posisi stagnan, melainkan mengalami peningkatan usaha.
“Jadi yang ambil KUR jangan selamanya dia jadi super mikro. Kita ingin UMKM bias naik kelas. Kalau omset naik kan dia jadi mikro, mikro berhasil jadi kecil, kecil berhasil jadi menengah,” terangnya.
Tahun ini, terangnya, BSB juga berencana menambah sektor lain yang memiliki potensi lebih menjanjikan untuk dibidik.
“Sektor pertanian tetap, lalu ada sektor lain juga yang akan kita lihat dan menurut saya lebih menjanjikan, misalnya seperti pedagang pecel lele,” ujarnya.
Dia menegaskan pihaknya akan mendukung berbagai sektor yang mendukung industri rumah tangga.
“Seperti di Bangka Belitung itu ada daging sapi, ada penggemukan di Sumsel. Rencananya akan kita coba model seperti pola yang sama (klaster, red),” jelasnya.
Sementara, GM Sumatera Ekspres, Hj Nurseri Marwah mengatakan kerjasama antara BSB dan Sumatera Ekspres selama ini sudah sangat erat terjalin.
“Kami berharap ke depan kerjasama antar perusahaan pun dapat semakin erat, khususnya untuk kemajuan bersama,” pungkasnya. ()
 
Berita ini sudah terbit di Harian Sumeks dengan judul BSB Dorong UMKM Naik Kelas
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: