Jaga Kualitas Kopi Petik Merah

Jaga Kualitas Kopi Petik Merah

PRODUKSI : Tampak bagian depan Ghumah Kawe di Dusun Muara Siban, Kelurahan Muara Siban, Kecamatan Dempo Utara.-Foto : Fahmi/Pagaralam Pos-

PAGARALAM, PAGARALAMPOS.CO -  Beragam cara dilakukan oleh para petani kopi, guna mendorong hasil produksi kopi yang berkualitas tinggi.

Salah satunya dengan fokus pada rangkaian proses pengelolaan setelah dilakukan pemetikan kopi agar tercipta kopi yang mempunyai citarasa yang khas.

Untuk saat ini, pada saat setelah musim panen raya telah usai, Ghumah Kawe Muara Siban fokus beroperasi pada roasting juga sortir biji kopi.

Untuk hari biasa, dalam sehatu bisa sampai delapan sampai sepuluh orang yang datang untuk meroasting, dengan rata-rata membawa biji kopi sebanyak 8-10 Kg.

BACA JUGA:Kembangkan Perkebunan Kopi Organik di Rempasai

Ketua Pengelola Ghumah Kawe Muara Siban Midaris menuturkan, kita (pengelola) berusaha semaksimal mungkin, bagaimana pengolahan itu dilakukan dengan benar dan tidak sembarangan. Tentu hanya menerima kopi yang sudah pilihan.

"kita tidak menerima kopi asalan untuk diroasting, sebab kita berusaha menjaga kopi yang mempunyai kualitas, meskipun kopi itu terlihat seperti petik merah, tapi mesin tidak bisa dibohongi, hasilnya akan terlihat mana petik merah, dan mana kopi asalan," jelas Midaris dibincangi Pagaralampos.co. Senin, 14 November 2022 siang.

Lebih lanjut, Midaris mengajak kepada para petani untuk meningkatkan kualitas kopi yang dihasilkan agar harga jual dapat meningkat.

"untuk jasa roasting sampai jadi bubuk dipatok harga Rp 10.000 per Kg, sedangkan, untuk proses sortir hanya Rp 250 per Kg," ucapnya.

BACA JUGA:KSM Binaan Dilatih Peningkatan Kualitas Greenbin Kopi

Ajakan tersebut disampaikan ketika bertemu langsung dengan para petani.

 "sebetulnya petani ingin hasil kopi yang diperoleh dapat meningkat, salah satu caranya yakni dengan proses pengolahan yang modern, yang saat ini sedang kita terapkan," pungkasnya.(FA15/min3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: