Bagaimana Cara Mengecek Sertifikat Emas Antam Asli? Ketahui Hal Ini!

Bagaimana Cara Mengecek Sertifikat Emas Antam Asli? Ketahui Hal Ini!

produk emas antam-kolase by pagaralampos-net

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM - Belakangan ini, dunia investasi emas di Indonesia digemparkan oleh isu pemalsuan sertifikat emas Antam. 

Kasus ini melibatkan enam mantan General Manager Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia (UBPP LM) PT Antam Tbk, yang diduga memalsukan 109 ton emas dengan menggunakan logo dan sertifikat Antam secara ilegal. 

Praktik ini berlangsung selama lebih dari satu dekade, dari tahun 2010 hingga 2022, dan menyebabkan kerugian yang signifikan bagi negara serta merugikan citra PT Antam sebagai salah satu produsen emas terpercaya di Indonesia.

Latar Belakang Kasus Sertifikat Emas Antam Palsu

BACA JUGA:Indonesia Jadi Salah satu Gudang Emas Dunia! Ini Wilayah-wilayah Penghasil Logam Mulianya

Kasus ini berawal dari penyalahgunaan merek Antam oleh pihak-pihak yang tidak berwenang. 

Emas yang diproduksi oleh para pelaku sebenarnya adalah emas asli, tetapi penggunaan merek dan sertifikat Antam dilakukan secara ilegal tanpa sepengetahuan atau izin dari PT Antam. 

Dalam proses tersebut, logo Antam ditempelkan pada produk emas yang dihasilkan, lengkap dengan sertifikat yang tampak seperti sertifikat resmi dari PT Antam.

Menurut Direktur Utama PT Antam, Nico Kanter, kasus ini bukanlah murni pemalsuan emas, melainkan penyalahgunaan merek. 

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Inilah 9 Lokasi Penyimpanan Emas Terbesar di Dunia

Para pelaku menggunakan nama besar Antam untuk memasarkan emas mereka dengan harga lebih tinggi, yang pada akhirnya memengaruhi harga pasar emas Antam yang asli. 

Emas yang dijual oleh para pelaku memang memiliki kualitas yang sama dengan produk asli Antam, tetapi distribusinya melanggar aturan hukum terkait penggunaan merek.

Selain menurunkan harga emas Antam di pasar, praktik ilegal ini juga menimbulkan kerugian bagi negara. 

Meskipun begitu, PT Antam meyakinkan masyarakat bahwa produk emas yang beredar saat ini, terutama yang dijual melalui saluran resmi, adalah emas asli yang disertai dengan sertifikat yang valid dan menunjukkan kadar kemurniannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: