Gunung Serbahak: Misteri Pendaki yang Hilang dan Makhluk Penjaga Gunung

Gunung Serbahak: Misteri Pendaki yang Hilang dan Makhluk Penjaga Gunung

Gunung Serbahak: Misteri Pendaki yang Hilang dan Makhluk Penjaga Gunung--

PAGARALAMPOS.COM - Gunung Serbahak adalah salah satu Gunung yang terletak di Pulau Kalimantan, tepatnya di wilayah Kalimantan Timur.

Gunung ini mungkin tidak seterkenal gunung-gunung besar lainnya di Indonesia, tetapi memiliki pesona alam serta sejarah dan cerita mistis yang tidak kalah menarik.

Nama Gunung Serbahak sendiri menyimpan banyak cerita rakyat dan legenda yang diwariskan dari generasi ke generasi oleh penduduk setempat.

Sejarah Nama Gunung Serbahak

Menurut cerita rakyat yang berkembang di sekitar masyarakat Dayak, nama "Serbahak" berasal dari kata dalam bahasa lokal yang artinya "tempat berkumpul" atau "tempat tinggal banyak makhluk."

BACA JUGA:Gunung Sarempaka: Kisah Sejarah dan Keangkeran di Kalimantan Tengah

Konon, pada zaman dahulu, Gunung Serbahak dipercaya sebagai tempat berkumpulnya berbagai makhluk halus dan roh leluhur masyarakat Dayak yang menjaga daerah tersebut.

Nama ini juga dianggap merujuk pada peran gunung sebagai lokasi suci yang sering dikunjungi oleh para dukun atau tetua adat untuk melakukan ritual dan upacara keagamaan.

Beberapa sumber sejarah menyebutkan bahwa kawasan Gunung Serbahak dahulu kala digunakan oleh suku Dayak sebagai tempat persembunyian saat terjadi konflik dengan suku-suku lain atau penjajah.

Lokasi gunung yang terpencil dan tertutup oleh hutan lebat membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk berlindung.

BACA JUGA:Mengungkap Misteri dan Sejarah Gunung Saran di Kalimantan

Selain itu, gunung ini juga menjadi saksi sejarah perlawanan masyarakat lokal terhadap kekuasaan kolonial di Kalimantan.

Gunung ini juga dianggap sebagai tempat yang suci oleh suku Dayak karena dipercaya sebagai salah satu pusat energi alam yang menghubungkan manusia dengan dunia spiritual.

Banyak dari ritual adat Dayak yang masih dilakukan hingga saat ini untuk menghormati roh-roh leluhur yang diyakini tinggal di gunung tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: