Sejarah Nama dan Misteri Gunung Batusibela: Tempat Suci dengan Kisah Mistis di Bali

Sejarah Nama dan Misteri Gunung Batusibela: Tempat Suci dengan Kisah Mistis di Bali

Sejarah Nama dan Misteri Gunung Batusibela: Tempat Suci dengan Kisah Mistis di Bali--

PAGARALAMPOS.COM - Gunung Batusibela adalah salah satu puncak Gunung yang terletak di Bali, yang tidak sepopuler Gunung-Gunung besar seperti Gunung Agung atau Gunung Batur.

Meski demikian, Gunung Batusibela menyimpan sejarah dan misteri yang menarik perhatian para pendaki lokal maupun masyarakat sekitar.

Nama Batusibela sendiri dipercaya berasal dari kata "batu" dan "sibela."

"Batu" mengacu pada bebatuan yang banyak ditemukan di area puncak gunung, sementara "sibela" kemungkinan merujuk pada sebuah entitas mistis atau nama daerah setempat yang sudah ada sejak zaman dahulu.

BACA JUGA:Mengungkap Sejarah dan Misteri Mistis Gunung Sahuwai di Bali

Sejarah Nama Gunung Batusibela

Sejarah Gunung Batusibela tidak bisa dilepaskan dari kisah-kisah leluhur Bali yang percaya pada kekuatan mistis gunung-gunung dan tempat-tempat tinggi.

Seperti halnya banyak gunung di Bali, Batusibela dianggap sebagai tempat suci oleh masyarakat Hindu Bali.

Menurut cerita turun-temurun, Gunung Batusibela merupakan salah satu gunung yang menjadi tempat tinggal roh-roh leluhur dan dewa-dewa kecil yang menjaga keseimbangan alam di kawasan tersebut.

Nama Batusibela mulai dikenal sejak ratusan tahun lalu, ketika penduduk desa-desa di sekitarnya mulai melakukan pemujaan dan ritual di sekitar gunung ini.

BACA JUGA:Gunung Lakaan: Menelusuri Jejak Sejarah dan Mitos yang Menyertainya

Beberapa teori mengatakan bahwa kata "sibela" dapat dihubungkan dengan istilah dalam bahasa Bali kuno yang artinya "penjaga" atau "pelindung."

Ini menguatkan keyakinan masyarakat bahwa gunung ini adalah tempat yang sakral dan berfungsi sebagai perisai dari segala marabahaya yang datang dari luar.

Secara historis, Gunung Batusibela juga dianggap sebagai salah satu tempat yang digunakan para petapa Hindu untuk bermeditasi dan mencari pencerahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: