Turunkan Kolesterol dan Sehatkan Tubuh: Manfaat Lain Bawang Putih yang Perlu Anda Ketahui!

Turunkan Kolesterol dan Sehatkan Tubuh: Manfaat Lain Bawang Putih yang Perlu Anda Ketahui!

Turunkan Kolesterol dan Sehatkan Tubuh: Manfaat Lain Bawang Putih yang Perlu Anda Ketahui!-Foto: net -

1. Menurunkan Kolesterol  

   Penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Medical Science and Public Health pada tahun 2016 menunjukkan bahwa penggunaan bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 10 hingga 13 persen setelah 90 hari pengobatan.

Manfaat ini berasal dari allicin, senyawa yang terbentuk ketika bawang putih dipotong, ditumbuk, atau dikunyah, yang menghambat enzim yang bertanggung jawab dalam produksi kolesterol.

BACA JUGA:Rahasia Kesehatan Tersembunyi dari Daun Sirih yang Harus Anda Ketahui!

BACA JUGA:Ketahui 9 Manfaat Teh Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

2. Mengontrol Tekanan Darah 

   Studi yang dimuat dalam Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences pada tahun 2013 menemukan bahwa konsumsi bawang putih mentah dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik, mirip dengan efek obat atenolol. Allicin dan polisulfida dalam bawang putih berperan dalam melebarkan pembuluh darah.

3. Menjaga Kesehatan Jantung  

   Bawang putih tidak hanya menurunkan kolesterol dan tekanan darah, tetapi juga berkontribusi pada kesehatan jantung. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition pada tahun 2016 menunjukkan bahwa aged garlic dapat membantu mengurangi risiko penyakit arteri koroner dengan menurunkan kadar kalsium dan protein C-reaktif pada pasien.

4. Menurunkan Risiko Kanker 

   Sebuah studi dalam Cancer Prevention Research pada tahun 2015 meninjau efek konsumsi bawang putih terhadap risiko kanker.

BACA JUGA:Belum Banyak yang tau, Ini Manfaat Batang Serai Bagi Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Ketahui 9 Manfaat Teh Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Penelitian ini menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih secara rutin dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker perut, kerongkongan, pankreas, payudara, dan prostat, berkat kandungan sulfur aktif yang ada di dalamnya.

5. Mendukung Kesehatan Otak  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: