Misteri dan Pesona Gunung Kawi: Menyelami Tiga Legenda Menarik dari Destinasi Wisata Ini!

Misteri dan Pesona Gunung Kawi: Menyelami Tiga Legenda Menarik dari Destinasi Wisata Ini!

Misteri dan Pesona Gunung Kawi: Menyelami Tiga Legenda Menarik dari Destinasi Wisata Ini!-Foto: net -

Setelah menyelesaikan babat alas, Kanjeng Zakaria II menetap di Gunung Kawi hingga akhir hayatnya pada malam Senin Pahing, 22 Januari 1871. Banyak wisatawan dan peziarah yang datang ke makamnya pada malam itu untuk memperingati wafatnya.

Selama hidupnya, Kanjeng Zakaria dikabarkan menanam pohon yang dianggap sebagai perwujudan dari tongkatnya, yang dikenal sebagai pohon Dewandaru atau pohon Kesabaran.

Hingga kini, bagian-bagian dari pohon ini, seperti ranting dan buahnya, dipercaya dapat menjadi jimat yang mendatangkan kekayaan.

BACA JUGA:Menelusuri Keindahan Gunung Sibualbuali: Destinasi Alam Menakjubkan di Sumatera Utara!

BACA JUGA:Mengungkap Sejarah dan Misteri Gunung Midangan di Jawa Timur

Namun, untuk mendapatkan bagian-bagian tersebut, dibutuhkan kesabaran, karena proses menunggunya bisa berlangsung berbulan-bulan.

3. Tempat Pertapaan Para Raja

Gunung Kawi juga diyakini sebagai lokasi pertapaan bagi raja-raja Jawa di masa lampau, salah satunya adalah Prabu Kameswara.

Salah satu peninggalan sejarah yang ada di sini adalah keraton yang terletak di ketinggian 700 meter, dapat dicapai dalam waktu sekitar setengah jam dari makam Kanjeng Zakaria.

Kisah menyebutkan bahwa setelah bertapa di lokasi tersebut, Prabu Kameswara berhasil menyelesaikan kekacauan politik di kerajaannya.

Legenda ini membuat petilasan tersebut banyak dikunjungi untuk praktik pemujaan dan pencarian pesugihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: