Kamu Wajib Tau, Gula Aren Ternyata Lebih Sehat, Menjaga Gula Darah

Kamu Wajib Tau, Gula Aren Ternyata Lebih Sehat, Menjaga Gula Darah

Foto : Gula Aren--Detik.food

PAGARALAMPOS.COM - Namanya belakangan ini makin dikenal ketimbang gula pasir. Fungsinya sama membrikan kesan manis. 

Ya, namanya gula Aren. Adalah gula yang dihasilkan dari nira pohon Aren. Warnanya kecokelatan hingga cokelat tua dan punya rasa yang unik.

Gula yang satu ini tidak hanya memberikan rasa manis yang khas, tapi juga kaya akan nutrisi dan manfaat kesehatan. Kenali lebih lanjut seputar gula aren di bawah ini yuk.

1. Bahan dan Proses Pembuatan Gula Aren

Gula aren asli terbuat dari nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon aren atau pohon enau. Nira yang sudah dikumpulkan akan direbus hingga mendidih dan mengental.

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Ternyata Gula Aren Menyimpan Segudang Manfaat untuk Kesehatan Loh!

Nira akan dipanaskan untuk menyerap kadar air, hingga diperoleh sirup kental dan sari manisnya. Kemudian, sirup direduksi menjadi kristal.

Setelah itu didiamkan sampai dingin dan mengeras. Semakin lama nira dimasak, maka warna yang dihasilkan bakal semakin gelap. Hal inilah yang membuat rasanya semakin kaya.

Dikutip dari laman NDTV Food, gula aren dikenal sebagai gula alami karena prosesnya minimal, serta tidak menggunakan bahan kimia apa pun.

2. Bentuk dan Rasa Gula Aren

Gula aren memiliki tekstur cenderung kering dan berbutir agak kasar. Kita bisa membeli gula aren dalam bentuk balok, butiran, dan cair di toko-toko.

BACA JUGA:Selain Jaga Sistem Imun! Inilah Manfaat Lainnya dari Gula Aren

Gula aren punya rasa karamel yang lembut. Jika dalam bentuk cair, tekstur gula aren menyerupai madu. Dalam bentuk butiran, rasanya tidak jauh berbeda dengan gula putih.

Biasanya, gula aren digunakan untuk bahan membuat kue, roti, pemanis pada minuman, hingga tambahan masakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: