Fitur Terbaru iOS 18, iPhone Bakalan Aman dari Pencuri

Fitur Terbaru iOS 18, iPhone Bakalan Aman dari Pencuri

Foto : Fitur baru iPhone--Instagram

PAGARALAMPOS.COM - iPhone sering menjadi target pencuri. Karena komponennya bisa dipreteli dan dijual di pasar gelap. Apple mencoba mengatasi masalah ini dengan menggarap fitur baru untuk iOS 18.

Beberapa waktu yang lalu, Apple mengumumkan akan memperluas fitur Activation Lock untuk komponen iPhone.

Fitur ini menghubungkan Apple Account ke komponen iPhone seperti baterai, kamera, dan display berdasarkan nomor serial individunya.

Fitur ini pertama kali diumumkan pada bulan April lalu, dan sepertinya akan segera digulirkan dalam waktu dekat.

BACA JUGA:Panduan Lengkap: 8 Tips Penting untuk Memelihara iPhone Agar Selalu dalam Kondisi Terbaik

BetaProfiles menemukan build Release Candidate iOS 18 untuk beta tester dan developer yang berisi opsi untuk mengaktifkan Activation Lock untuk komponen iPhone.

Tujuan fitur ini adalah untuk membatasi pergerakan pasar jual beli komponen dari iPhone yang dicuri. Karena iPhone memiliki Activation Lock, sebagian besar iPhone yang dicuri berujung dipreteli untuk dijual komponennya karena masih cukup berharga.

Berkat fitur ini, jika kalian menggunakan iPhone rekondisi yang komponennya hasil kanibal dari iPhone lain akan muncul pesan error.

Untuk memverifikasi dan menggunakan komponen tersebut, pengguna harus memasukkan kredensial Apple Account yang terhubung dengan komponen.

BACA JUGA:8 Cara Ampuh Merawat iPhone Agar Tetap Tahan Lama dan Berfungsi Optimal

Tapi dalam prakteknya, fitur ini masih memiliki banyak kekurangan. BetaProfile mengklaim pengguna bisa memilih tombol 'Cancel' di halaman Activation Lock dan menggunakan iPhone seperti biasa tanpa perlu memberikan kredensial Apple Account.

Komponen yang belum diverifikasi akan ditandai sebagai 'Unknown Part' di Pengaturan, tapi tidak akan mempengaruhi fungsinya, seperti dikutip dari Android Authority, Minggu (15/9/2024).

Dalam pengumuman aslinya, Apple mengklaim Activation Lock akan membatasi kemampuan kalibrasi untuk komponen yang tidak diverifikasi. Activation Lock juga bisa membatasi fitur tertentu, seperti Face ID.

BACA JUGA:iPhone XR atau XS? Simak Perbandingan Layar, Kamera, dan Baterainya untuk Pilihan Terbaik!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: