Jaga Integritas Proses Pemilu, Pengawas Kelurahan Dibekali Penguatan Kapasitas

Jaga Integritas Proses Pemilu, Pengawas Kelurahan Dibekali Penguatan Kapasitas

Foto : Sosialisasi penguatan kapasitas pengawas kelurahan.--Pagaralampos.com

PAGARALAM, PAGARALAMPOS.COM – Dalam rangka menyukseskan Pilkada serentak tahun 2024 dan meningkatkan kualitas serta kemampuan pengawas Pemilu, Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pagaralam menggelar kegiatan Penguatan Kapasitas pengawas Kelurahan se-Kecamatan Pagaralam Utara.

Acara tersebut dilaksanakan Rabu (11/9) di Aula Dapur Mamak, Simpang Manna, Kota Pagaralam.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Bhabinkamtibmas, Babinsa, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), serta pengawas kelurahan dari seluruh wilayah Pagaralam Utara.

Mereka diharapkan dapat memahami dan menyerap materi yang disampaikan dengan baik untuk menjalankan tugas pengawasan pemilu secara efektif.

BACA JUGA:Tingkatkan Partisipasi Masyarakat pada Pemilu, Gelar Pelatihan Penguatan Pengawas Kelurahan

Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan Dempo Utara, Maman Firmansyah, S.T., menjelaskan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman lebih dalam kepada peserta tentang mekanisme pengawasan.

Termasuk pengambilan data yang akurat selama proses pemilu berlangsung. Khususjya pada helatan pesta demokrasi dii Pagar Alam.

“Meskipun memiliki peran yang sangat penting, pengawas Kelurahan kerap menghadapi berbagai tantangan di lapangan.

Salahsatu tantangan terbesar kurangnya pemahaman masyarakat mengenai pentingnya pemilu yang bersih dan jujur,” ungkapnya.

BACA JUGA:Berikan Penguatan Pengawasan Pemilu

Ketua Bawaslu Kota Pagaralam, Nurweni, juga menekankan pentingnya kegiatan penguatan kapasitas ini.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salahsatu upaya Bawaslu untuk memastikan bahwa para pengawas Pemilu di tingkat Kelurahan memiliki kemampuan dan pengetahuan, yang memadai dalam menjalankan tugas mereka.

BACA JUGA:Jika Meresahkan, Sumbangan Mengatasnamakan Yayasan Segera Laporkan

“Kegiatan ini bertujuan agar para pengawas dapat menjalankan tugas pengawasan pemilu dengan lebih baik dan efektif, serta menjaga integritas proses Pemilu,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: