Serius Tekan Laju Inflasi, Pemprov Sumsel Launching Gerakan Tanam Cabai dan Bawang Merah Serentak

Serius Tekan Laju Inflasi, Pemprov Sumsel Launching Gerakan Tanam Cabai dan Bawang Merah Serentak

Serius Tekan Laju Inflasi, Pemprov Sumsel Launching Gerakan Tanam Cabai dan Bawang Merah Serentak--

PAGARALAMPOS.COM - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) memperkuat komitmennya dalam menekan laju inflasi dengan meluncurkan Gerakan Tanam Cabai dan Bawang Merah serentak di seluruh wilayah provinsi.

Kegiatan ini dipusatkan di Lahan Kelompok Tani Setia Makmur, Palembang, sebagai upaya konkret untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan komoditas utama yang menjadi penyumbang utama inflasi di daerah ini.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel, Edward Chandra, yang mewakili Penjabat Gubernur Sumsel Elen Setiadi, menyampaikan bahwa produksi cabai dan bawang merah merupakan fokus utama dalam upaya penurunan inflasi di provinsi ini.

"Kami bertekad menjaga laju inflasi di bawah angka nasional dengan memastikan ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi, dan komunikasi yang efektif," ujar Edward dalam sambutannya.

BACA JUGA:Yadea G6, Motor Listrik dengan Subsidi 7 Juta dari Pemerintah, Cek Harganya Sekarang!

Strategi Pemprov Sumsel dalam Gerakan Tanam Cabai dan Bawang Merah

Produksi cabai di Sumsel tersebar di beberapa daerah, seperti Kabupaten Muara Enim, Kabupaten OKI, dan Musi Rawas, sementara bawang merah utamanya dihasilkan di Kota Pagar Alam, Kabupaten Muara Enim, dan Musi Rawas.

Untuk meningkatkan produksi, Pemprov Sumsel telah melakukan berbagai langkah strategis, termasuk perluasan areal pertanaman, pemanfaatan teknologi pengembangan produksi yang tepat, peningkatan jaringan pemasaran, serta peningkatan kapasitas penyuluh pertanian.

"Gerakan Tanam Serentak Cabai dan Bawang Merah ini melibatkan 17 kabupaten/kota di Sumsel serta berbagai pihak terkait, termasuk Bank Indonesia dan institusi perbankan lainnya," tambah Edward.

BACA JUGA:Yamaha NMAX Turbo Tech Max, Inovasi Terkini dengan Cicilan Terjangkau

Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen bersama dalam meningkatkan produksi cabai dan bawang merah sehingga dapat menjaga ketersediaan komoditas ini dan mengurangi tekanan inflasi.

Dukungan dari Bank Indonesia

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Ricky P. Gozali, menegaskan bahwa Gerakan Tanam Serentak ini adalah implementasi dari komitmen Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumsel.

"Kami berharap upaya ini dapat meningkatkan ketersediaan pasokan cabai dan bawang merah, serta mengurangi risiko defisit komoditas akibat faktor cuaca yang tidak terduga," ungkap Ricky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: