Pesona Candi Poh: Warisan Sejarah dan Alam di Desa Kalijurang, Brebes

Pesona Candi Poh: Warisan Sejarah dan Alam di Desa Kalijurang, Brebes

Candi Poh: Warisan Sejarah dan Alam di Desa Kalijurang, Brebes-Kolase by pagaralampos.com-Net

BACA JUGA:Mengenal Sejarah Candi Negeri Baru Kalimantan, Konon Merupakan Peninggalan Kerajaan Majapahit

Upacara dan ritual tertentu masih dilakukan di sekitar candi ini, sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur dan sebagai pengingat akan sejarah panjang yang dimiliki desa ini. 

Tradisi ini membantu menjaga kesinambungan budaya dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin merasakan langsung nuansa spiritual dan budaya lokal.

Konservasi dan Pelestarian

Upaya pelestarian Candi Poh menjadi sangat penting mengingat nilainya yang tidak hanya sebagai objek wisata sejarah tetapi juga sebagai warisan budaya yang harus dilestarikan untuk generasi mendatang. 

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah Sejarah Candi Lawang di Boyolali

Pihak berwenang dan komunitas setempat, termasuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), berperan aktif dalam menjaga kelestarian candi ini. 

Mereka menyadari bahwa tanpa adanya upaya pelestarian, sejarah dan budaya yang terkandung dalam candi ini bisa hilang ditelan waktu.

Kepala Desa Kalijurang, H. Edy Riyanto, mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Brebes melalui Dinas Pariwisata telah berkunjung ke Candi Poh untuk menjajaki upaya pelestarian dan pengembangan candi ini sebagai lokasi wisata. 

"Dinas Pariwisata tadi datang meninjau lokasi dalam rangka kemungkinan pengembangan menjadi lokasi wisata," ujarnya pada Selasa (25/6/2024).

BACA JUGA:Mengungkap Jejak Sejarah Candi Lawang di Boyolali, Simak Fakta Menariknya

Menurutnya, kunjungan tim dari Dinas Pariwisata Brebes merupakan bagian dari persyaratan untuk pengajuan izin penataan Candi Poh menjadi lokasi wisata. 

Dengan adanya penataan ini, diharapkan Candi Poh tidak hanya menjadi destinasi wisata yang menarik, tetapi juga menjadi pusat edukasi dan budaya yang memperkaya pengetahuan pengunjung tentang sejarah dan budaya setempat.

Pengalaman Wisata Sejarah yang Unik

Candi Poh menawarkan pengalaman wisata sejarah yang unik bagi pengunjung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: