1.667 Personel Polri Bergeser ke IKN, Termasuk Para Jenderal

1.667 Personel Polri Bergeser ke IKN, Termasuk Para Jenderal

Foto : Wakapolri Komjen Agus Andrianto.-1.667 Personel Polri Bergeser ke IKN, Termasuk Para Jenderal-Humas polri

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM - Polri memindahkan 1.667 orang termasuk sejumlah jenderal polisi ke ibu kota negara. Mereka akan ditempatkan di Mabes Polri di IKN.

Wakapolri Komjen Agus Andrianto mengungkapkan, saat ini Mabes IKN Polri tengah menjalani prosedur lelang pembangunan.

"Polri sudah menyiapkan pusat kendali tempat pelaksanaan. ini akan ditempati oleh PJU dan presiden serta jajaran kantornya di wilayah inti pemerintahan,'' Agus katanya kepada wartawan, Rabu (11/6/2024).

Agus menjelaskan, Polri memberikan berbagai fasilitas kepada IKN, antara lain gedung Pollestabes, SPKT, dan empat polsek.

BACA JUGA:Gelar Binrohtal Sambut Hari Bhayangkara, Kapolres : Tingkatkan Ketaqwaan Disela Jalankan Tugas Polri

Selain itu, Polri akan mendirikan pusat kendali operasional (command center) di Mabes Polri IKN yang terintegrasi dengan aplikasi smart security smart city.

“Pemeriksaan akan dilakukan personel gabungan Mabes Polri tingkat pusat, Polda Kaltim yang wilayah hukumnya, dan IKN Polri tingkat ibu kota,” imbuh Agus.

Personel yang dipindahkan ke IKN merupakan gabungan Mabes Polri dan Polda. Namun Agus belum bisa memastikan kapan proses transfer tersebut akan dimulai.

“Jumlah personel Polri yang dikerahkan di wilayah KIPP IKN Tahap 1 pada tahun 2024 sebanyak 1.667 orang, terdiri dari 700 pegawai di Mabes dan 967 pegawai di sistem,” jelasnya.

BACA JUGA:Door, Jarwo CS Keok Dipelor, Kapolres : Pelaku Komplotan Curanmor Lintas Kabupaten

Untuk kelancaran proses transfer tersebut, Polri membutuhkan anggaran sebesar Rp 49,83 miliar. Dari jumlah tersebut, Rp 25,07 miliar akan dialokasikan untuk petugas kunci.

Termasuk personel di Mabes, dan Rp 24,73 miliar akan digunakan untuk sarana dan prasarana 967 orang di kantor polisi dan pusat komando Tipe C dan B.

“Pemeriksaan akan dilakukan oleh personel gabungan Mabes Polri tingkat pusat, Polda dan Kaltim, serta IKN Polri tingkat ibu kota,” pungkas Agus.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: