Mampu Turunkan Gula Darah! Inilah 5 Jenis Obat Herbal yang Sehat untuk Dikonsumsi

Mampu Turunkan Gula Darah! Inilah 5 Jenis Obat Herbal yang Sehat untuk Dikonsumsi

Mampu Turunkan Gula Darah! Inilah 5 Jenis Obat Herbal yang Sehat untuk Dikonsumsi -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Diabetes adalah salah satu penyakit yang paling umum di Indonesia dan disebabkan oleh tingginya kadar gula darah. Faktor-faktor seperti keturunan, gaya hidup yang tidak sehat, dan obesitas dapat mempengaruhi terjadinya penyakit ini.

Meskipun diabetes tidak bisa disembuhkan, kondisi ini bisa dikelola.

Obat herbal dapat menjadi bagian dari perawatan diabetes, tetapi tidak bisa menggantikan pengobatan medis. Apapun jenis pengobatan yang dipilih, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Berikut adalah beberapa obat herbal yang bisa digunakan untuk diabetes beserta cara penggunaannya:

BACA JUGA:Tahukah Kamu Dibalik Kehangatannya Ternyata Wedang Jahe Miliki Ragam Manfaat untuk Kesehatan Loh!

BACA JUGA:Inilah Manfaat Baik Untuk Kesehatan Jika Kamu Suka Konsumsi Yogurt

1. Kunyit  

Kunyit telah lama digunakan sebagai obat herbal. Penelitian menunjukkan bahwa kurkumin dalam kunyit dapat membantu mencegah dan mengobati diabetes tipe 2 dengan mengontrol kadar gula darah dan mencegah komplikasi seperti gangguan mata, saraf, dan ginjal.

Konsumsilah kunyit dalam jumlah yang wajar, tidak lebih dari 4 gram per hari, untuk menghindari masalah pencernaan seperti mual, muntah, atau diare.

2. Ginseng  

Ginseng, baik dari Amerika maupun Asia, telah digunakan selama ribuan tahun untuk menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan fungsi insulin. Meski umumnya aman, ginseng bisa berinteraksi dengan beberapa obat diabetes, terutama terapi insulin.

Oleh karena itu, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter. Batasi konsumsi ginseng tidak lebih dari 3 gram per hari karena dapat menyebabkan efek samping seperti sulit tidur, kecemasan, diare, dan sakit kepala.

BACA JUGA:5 Tips Sederhana Jaga Kesehatan Tubuh Saat Liburan

BACA JUGA:Jangan Tunggu Sakit! Begini Tips Ampuh Jaga Kesehatan Tubuh di Saat Musim Hujan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: