Arkeolog Teliti Harta Karun 2.000 Tahun, Misteri Peradaban Kuno di Kazakhstan

Arkeolog Teliti Harta Karun 2.000 Tahun, Misteri Peradaban Kuno di Kazakhstan

PAGARALAMPOS.COM - Para peneliti telah menemukan harta karun termasuk perhiasan emas, mata panah, dan cermin perunggu besar di sebuah makam berusia 2.000 tahun di wilayah Turkestan, Kazakhstan.

Berdasarkan terjemahan keterangan pers resmi Turkistan, disebutkan hasilnya menunjukkan bagaimana wilayah Kangzhou dan beberapa wilayah lainnya terhubung.

Artefak ini mungkin dibuat pada masa Kangju, yang memerintah wilayah tersebut dari abad ke-5 SM hingga abad ke-5 SM. SM dan abad ke-4 Masehi.

Alexander Podushkin, arkeolog di Universitas Ozbekaly Shanibekov dan pemimpin ekspedisi, mengatakan bahwa masyarakat Kangzhou merupakan gabungan dari masyarakat yang berbeda, termasuk kelompok nomaden.

BACA JUGA:Simak Sejarah Dunia Ini, Tujuh Peradaban Kuno yang Memengaruhi Kita Saat Ini

Misalnya, Sarmatians, Xiongnu, Saki (Scythians/Scythians). Lokasi kota Kangzhou di bagian Jalur Sutra Besar yang menghubungkan Tiongkok dan Mediterania.

Hal ini menunjukkan bahwa kota-kota ini memelihara hubungan diplomatik dan perdagangan sepanjang zaman, kata Podushkin.

“Penyelidikan terhadap artefak yang ditemukan menunjukkan bahwa negara bagian Kangzhou memelihara hubungan dekat dengan berbagai kerajaan.

Roma, Bizantium, Kekaisaran Kushan, dan Tiongkok memiliki hubungan diplomatik yang setara dengan Kangzhou Timur dan berkembang di kota metropolitannya di jantung Great Silk Road,” demikian siaran persnya, Kamis (23 Mei).

BACA JUGA:Mengerikan Peradaban Kuno di Peru, Kurbankan Anak-anak Demi Akhiri El Nino

Hal ini terlihat dari penampakan beberapa harta karun yang berbentuk bulat, memiliki pola di bagian belakang pada delapan sisi melengkung, dan memiliki lubang di tengah untuk memasang benang.

Sebuah cermin perunggu besar juga ditemukan. Peneliti meyakini pendapat ini berasal dari Tiongkok pada masa Dinasti Han yang berlangsung sejak tahun 206 SM. SM sampai tahun 220 M.

Selain itu, harta karun ini sangat dihargai di Eurasia, terutama untuk cermin.


Foto : Harta karun di makam kuno.-Arkeolog Teliti Harta Karun 2.000 Tahun, Misteri Peradaban Kuno di Kazakhstan-CNN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: