Jarang Diketahui! Inilah Rahasia Tersembunyi dari Buah Alkesa yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Jarang Diketahui! Inilah Rahasia Tersembunyi dari Buah Alkesa yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Jarang Diketahui! Inilah Rahasia Tersembunyi dari Buah Alkesa yang Bermanfaat untuk Kesehatan -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Buah alkesa, juga dikenal sebagai sawo mentega, memiliki kandungan nutrisi yang beragam, termasuk serat, vitamin, dan antioksidan.

Buah ini memiliki bentuk yang mirip dengan sawo dan rasa yang menyerupai ubi Cilembu, sehingga sering disebut juga sebagai ubi jalar atau sawo alpukat. Di Amerika Tengah dan Meksiko Selatan, buah ini dikenal dengan nama Canistel, Egg Fruit, atau Yellow Sapote.

Buah alkesa telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan berdasarkan analisis kimia di Kuba dan Filipina.

Buah matang mengandung serat, kalsium, fosfor, besi, karoten, thiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin C, serta energi dari lemak, protein, dan karbohidrat. Di Meksiko dan Kuba, kulit buah ini sering digunakan sebagai obat penurun panas.

BACA JUGA:Tahukah Kamu Dibalik Kehangatannya Ternyata Wedang Jahe Miliki Ragam Manfaat untuk Kesehatan Loh!

BACA JUGA:Inilah Manfaat Baik Untuk Kesehatan Jika Kamu Suka Konsumsi Yogurt

Buah alkesa, yang dikenal dengan nama ilmiah Pouteria campechiana, berasal dari Meksiko. Di Indonesia, buah ini disebut sawo mentega karena bentuknya yang mirip sawo dan warnanya yang kuning seperti kuning telur.

Buah ini kaya akan senyawa karotenoid, polifenol, dan flavonoid seperti quercetin, myricetrin, dan asam galat, yang memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, antimikroba, dan antiobesitas.

Berikut adalah lima manfaat buah alkesa bagi kesehatan:

1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Warna kuning cerah buah alkesa menunjukkan tingginya kandungan vitamin C.Studi dalam Journal of Agriculture and Food Research (2022) menemukan bahwa kandungan vitamin C dalam buah ini bisa mencapai 106,42 mg per 100 gram jika dikonsumsi bersama kulitnya.

BACA JUGA:5 Tips Sederhana Jaga Kesehatan Tubuh Saat Liburan

BACA JUGA:Jangan Tunggu Sakit! Begini Tips Ampuh Jaga Kesehatan Tubuh di Saat Musim Hujan

Vitamin C merupakan sumber antioksidan yang berfungsi sebagai penambah daya tahan tubuh untuk melawan berbagai penyakit seperti flu, batuk, dan infeksi lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: