Berkhasiat Luar Biasa untuk Kesehatan! Inilah Manfaat Tersembunyi dari Temu Kunci

Berkhasiat Luar Biasa untuk Kesehatan! Inilah Manfaat Tersembunyi dari Temu Kunci

Berkhasiat Luar Biasa untuk Kesehatan! Inilah Manfaat Tersembunyi dari Temu Kunci -Foto: net-

3. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel tubuh. Jika kadar radikal bebas dalam tubuh berlebihan, kerusakan yang diakibatkannya dapat memicu terjadinya berbagai penyakit kronis.

Manfaat temu kunci dalam menangkal radikal bebas berasal dari kandungan senyawa flavonoid yang terdapat dalam tanaman tersebut.

Senyawa flavonoid dalam temu kunci memiliki aktivitas antioksidan yang kuat, sehingga dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Simak Rahasia Tersembunyi dari Labu Kuning yang Mampu Jaga Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Tau Gak? Ternyata Kacang Buncis Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh Loh!

4. Mencegah kanker payudara

Manfaat lain dari temu kunci adalah potensi untuk mengurangi risiko kanker payudara. Walaupun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, beberapa studi menunjukkan bahwa senyawa panduratin A dalam temu kunci dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk kanker payudara.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Mengonsumsi temu kunci dapat mendukung kesehatan pencernaan. Senyawa polifenol dalam temu kunci mendukung pertumbuhan bakteri baik dan menghambat bakteri jahat di usus.

Selain itu, minyak atsiri dalam temu kunci memiliki sifat antibakteri yang dapat menghambat bakteri Escherichia coli, penyebab diare. Namun, manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

BACA JUGA:Inilah Manfaat Baik Untuk Kesehatan Jika Kamu Suka Konsumsi Yogurt

BACA JUGA:Dibalik Rasa Asamnya! Ternyata Asam Jawa Miliki Sejuta Manfaat untuk Kesehatan Loh!

6. Berpotensi mencegah dan menyembuhkan COVID-19

Seperti bawang putih dan jahe, temu kunci dipercaya dapat membantu mencegah COVID-19. Sifat antivirus dan antiradang pada tanaman ini diduga bermanfaat dalam menghambat pertumbuhan virus dan meredakan radang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: