Sedini Mungkin Cegah DBD, Masyarakat Pagaralam Dihimbau Tingkatkan Kewaspadaan

Sedini Mungkin Cegah DBD, Masyarakat Pagaralam Dihimbau Tingkatkan Kewaspadaan

Sedini Mungkin Cegah DBD, Masyarakat Pagaralam Dihimbau Tingkatkan Kewaspadaan--

PAGARALAMPOS.COM - Musim penghujan sering kali menjadi momok bagi kesehatan masyarakat, terutama karena meningkatnya risiko penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti ini bisa menimbulkan dampak serius jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Menyadari ancaman ini, pihak Kelurahan Prahu Dipo, Kecamatan Dempo Selatan, mengambil langkah proaktif dengan mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap DBD.

Lurah Prahu Dipo, Hendra Jaya, menyampaikan bahwa saat ini pihaknya gencar memberikan imbauan kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap penyakit DBD.

BACA JUGA:Camat Pagaralam Utara Ajak Warga Budidayakan Toga, untuk Kesehatan dan Kemandirian

"Sebab musim hujan rentan penyakit DBD. Maka dari itu, perlu adanya kewaspadaan dari warga supaya tidak terjangkit penyakit ini," ujar Hendra.

Imbauan dan Langkah Nyata untuk Mencegah DBD

Menurut Hendra, imbauan mengenai kewaspadaan terhadap DBD disampaikan kepada warga baik secara langsung maupun melalui ketua RT dan RW.

Harapannya, seluruh masyarakat dapat bekerjasama dalam melakukan upaya pencegahan dini terhadap penyakit DBD ini.

BACA JUGA:Siskamling Aktif Dukung Keamanan Lingkungan, Ini Imbauan Lurah Tebat Giri Indah Pada Warganya!

"Salah satu upaya pencegahan dini yang bisa dilakukan masyarakat adalah dengan menutup tempat penampungan air, memperhatikan kondisi siring, drainase, serta saluran air di sekitar lingkungan tempat tinggal. Pastikan tidak ada air yang tergenang, dan jaga lingkungan tetap dalam keadaan bersih dan sehat," tambah Hendra.

Nyamuk Aedes Aegypti, yang menjadi penyebab DBD, biasanya berkembang biak di genangan air dan tempat yang kotor.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan lingkungan dan memastikan tempat penampungan air tertutup menjadi langkah penting dalam mencegah perkembangbiakan nyamuk ini.

Selain itu, jika muncul tanda-tanda terkena DBD, seperti demam tinggi, sakit kepala, nyeri sendi, dan ruam, masyarakat dihimbau untuk segera memeriksakan diri ke puskesmas agar bisa ditangani dengan cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: