Mengenal 5 Manfaat Singkong Rebus untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Mengenal 5 Manfaat Singkong Rebus untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Mengenal 10 Manfaat Singkong Rebus untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Singkong rebus memiliki manfaat yang penting yang belum banyak disadari oleh banyak orang.

Selain sebagai camilan, singkong rebus kaya akan nutrisi seperti vitamin C dan serat, dengan indeks glikemik rendah, menjadikannya alternatif sehat sebagai pengganti nasi.

Umbi ini umum di negara tropis termasuk Indonesia, dengan tekstur empuk dan aroma yang khas, serta bisa diolah menjadi berbagai hidangan seperti singkong rebus, getuk, atau tiwul.

Singkong rebus tidak hanya mudah didapat dan murah, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang beragam. Selain itu, singkong juga mengandung pati resisten, jenis karbohidrat kompleks yang lebih sehat karena tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah setelah makan.

BACA JUGA:Mengenal Detoks dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Kamu Wajib Tau! Inilah Tips Sederhana Jaga Kesehatan Tubuh Saat Sedang Travelling

Kandungan pati resisten dalam singkong bisa meningkat ketika dimasak dan didinginkan, sehingga merebus singkong adalah cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak asupan pati resisten.

Singkong rebus memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dengan meningkatkan kinerja sel darah putih dan kesehatan kulit dengan meningkatkan produksi kolagen.

Selain itu, singkong rebus baik untuk pencernaan karena mengandung karbohidrat kompleks dan prebiotik, serta kaya serat yang melunakkan tinja.

Pati resisten dalam singkong juga membantu mengendalikan kadar gula darah dan melawan radikal bebas berlebih, yang jika dibiarkan bisa menyebabkan peradangan dan penyakit kronis.

BACA JUGA:5 Tips Sederhana Jaga Kesehatan Tubuh Saat Liburan

BACA JUGA:Jangan Tunggu Sakit! Begini Tips Ampuh Jaga Kesehatan Tubuh di Saat Musim Hujan

Meskipun memiliki manfaat yang melimpah, singkong rebus tetap harus disertai dengan menu makanan bergizi seimbang. 

2 gram serat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: