Aksi OPM Makin Menggila, Bakar Kios dan Sekolah di Paniai, Brutalnya Tembak Warga

Aksi OPM Makin Menggila, Bakar Kios dan Sekolah di Paniai, Brutalnya Tembak Warga

Foto : Akis pembakaran kios dsn sekolah oleh OPM.-Aksi OPM Makin Menggila, Bakar Kios dan Sekolah di Paniai, Brutalnya Tembak Warga-Detik.com

PAPUA, PAGARALAMPOS.COM - Anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) kembali berulah dengan membakar kios dan gedung sekolah di Kabupaten Paniai, Papua Tengah. OPM juga sempat menembak seorang warga sipil bernama Arwin.

"Iya benar ada penembakan dan pembakaran yang dilakukan anggota KKB," kata Ka Ops Damai Cartenz 2024 Kombes Faizal Ramadhani dalam keterangannya, Rabu (22/5/2024).

Peristiwa itu terjadi di Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai pada Selasa (21/5) sekitar pukul 21.35 WIT. Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 AKBP Bayu Suseno mengatakan OPM awalnya melakukan penembakan lalu melakukan pembakaran sejumlah bangunan hingga terjadi kontak tembak dengan aparat.

"Dapat kami menyampaikan bahwa, untuk sejumlah bangunan kios yang dibakar oleh KKB masih dalam proses pendataan oleh Satgas Damai Cartenz 2024 dan Polres Paniai.

BACA JUGA:TNI Kuasai Markas OPM Paacakontak Tembak, Begini Penampakannya

Sementara untuk bangunan gedung sekolah yang dibakar oleh KKB yaitu gedung sekolah PAUD, SD, dan SMP YPPGI Kepas Kopo, Paniai," ungkapnya.

Bayu menyebut akibat insiden itu 23 warga dievakuasi aparat di Mako Polres Paniai. Aparat hingga saat ini masih siaga untuk mengantisipasi aksi susulan.

"Para guru PAUD, SD, dan SMP YPPGI Kepas Kopo Paniai dan keluarganya telah berhasil diamankan oleh aparat gabungan TNI-Polri.

BACA JUGA:DPO Pembakaran Camp di Papua Tengah Ditangkap, Pelaku Anggota OPM

Yang juga melibatkan Satgas Damai Cartenz ke Mako Polres Paniai serta telah terdata 23 orang yaitu 9 orang laki-laki dan 10 orang perempuan serta 4 orang anak kecil," ujarnya.

"Untuk Saat ini, Aparat Gabungan TNI-Polri dan Satgas Damai Cartenz-2024 masih bersiaga untuk mengantisipasi aksi susulan dari KKB," tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: