Ragam Sejarah! Inilah Sejarah Peradaban dan Budaya Suku di Kepulauan Jawa yang Harus Kamu Tau!

Ragam Sejarah! Inilah Sejarah Peradaban dan Budaya Suku di Kepulauan Jawa yang Harus Kamu Tau!

Ragam Sejarah! Inilah Sejarah Peradaban dan Budaya Suku di Kepulauan Jawa yang Harus Kamu Tau! -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM  - Masyarakat Jawa merupakan gabungan masyarakat Asia Selatan yang bercampur/berbaur dengan masyarakat Austronesia  kemudian.  

Setelah sekian lama berinteraksi dengan  masyarakat Austronesia, penduduk pertama Pulau Jawa mulai menggunakan bahasa Austronesia sebagai bahasa utama mereka, sehingga mereka memiliki sekitar 20-30% gen Austronesia dan 50-60% gen Austronesia orang Austronesia. 

Suku Jawa adalah Suku bangsa yang tinggal di Pulau Jawa. Masyarakat Jawa banyak dijumpai di daerah tempat berdirinya Kerajaan Mataram.

Komunitas ini tersebar tidak hanya  di seluruh Pulau Jawa namun juga di seluruh Indonesia. Pasalnya, masyarakat Jawa ikut serta dalam proyek kebangkitan di bawah rezim Orde Baru. Kehebatan masyarakat Jawa tidak lepas dari sejarah panjangnya. Capaian kebudayaan peradaban Jawa termasuk yang paling maju.

BACA JUGA:Mengenal Peradaban Zaman Megalitikum, Jejak Prasejarah yang Menyimpan Warisan Budaya

BACA JUGA:Zubair Bin Awwam: Teladan Keberanian dan Kesetiaan dalam Sejarah Islam

Suku Jawa merupakan suku bangsa Austronesia terbesar  di Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada tahun 2010, setidaknya 40,22% penduduk Indonesia adalah suku Jawa.

Suku Jawa juga terdapat di  Kaledonia Baru dan Suriname,  karena pada masa penjajahan Belanda suku tersebut dibawa ke sana sebagai buruh. Pada saat itu, orang Jawa  Suriname telah menjadi  minoritas dan dikenal sebagai orang Jawa Suriname.

Selain itu, terdapat sejumlah besar suku Jawa di sebagian besar provinsi di Indonesia, Malaysia, Singapura, Arab Saudi, dan Belanda.

Mayoritas penduduk Jawa beragama Islam, dan sebagian minoritas beragama Kristen, Jawa, Hindu, dan Buddha.

BACA JUGA:Sosok Firaun Menkaure dalam Sejarah Mesir Kuno

BACA JUGA:Eksplorasi Kebudayaan dan Sejarah Kesultanan Deli di Sumatera Utara

Tidak banyak orang yang tahu tentang suku Jawa. Hal ini memungkinkan Anda untuk merangkum dan belajar dari berbagai sumber sejarah Jawa.

1. Menurut Arkeolog
Teori mengenai asal-usul suku Jawa pertama kali dikemukakan oleh para arkeolog. Mereka meyakini bahwa nenek moyang suku Jawa adalah penduduk pribumi yang tinggal jutaan tahun yang lalu di pulau ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: