Mengulik Keunikan Tradisi Pernikahan Tradisional Ala Korea Selatan yang Menarik

Mengulik Keunikan Tradisi Pernikahan Tradisional Ala Korea Selatan yang Menarik

Mengulik Keunikan Tradisi Pernikahan Tradisional Ala Korea Selatan yang Menarik -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Penggemar drama dan budaya Korea? Yuk pelajari peraturan adat pernikahan  Korea, khususnya bagi kamu yang berencana menikah dengan orang Korea

Setiap daerah mempunyai tradisi pernikahannya masing-masing. Begitu pula dengan  Korea yang juga mempunyai ritual tradisionalnya sendiri.

Dalam  adat pernikahan  Korea, Anda mungkin harus mengadakan berbagai prosesi, mulai dari tarian hingga upacara pemberian hadiah atau upacara sungkeman untuk kedua orang tua.

Meski tidak sulit untuk dilakukan, namun Anda harus mengikuti aturan adat pernikahan  Korea jika berniat menikah dengan kekasih asal negeri ginseng tersebut. Sejak merebaknya budaya pop Korea alias invasi K-Pop, banyak hal yang berhubungan dengan negara tersebut sebagian besar telah beradaptasi.

BACA JUGA:Mengenal Peradaban Zaman Megalitikum, Jejak Prasejarah yang Menyimpan Warisan Budaya

BACA JUGA:Zubair Bin Awwam: Teladan Keberanian dan Kesetiaan dalam Sejarah Islam

Maka tak heran jika akhir-akhir ini banyak  hal unik terkait K-Pop yang terlihat di perayaan seperti pernikahan, mulai dari meniru tarian girl group, mengadakan acara seru, hingga hadiah berupa album BTS.

Namun budaya Korea dalam pernikahan ini  masih banyak dipadukan dengan konsep adat yang ada di Indonesia maupun di luar negeri. Menurut Runaway Juno dan beberapa sumber lainnya, tradisi pernikahan  Korea  sendiri sama rumitnya dengan pernikahan tradisional Indonesia lho.

Namun perlu diingat bahwa ini adalah pernikahan adat dari masa lalu, yang mungkin  sedikit berbeda dengan pernikahan yang lebih modern saat ini, bahkan ada yang hanya bersifat kenegaraan (dan agama).

Belum memahami aturan adat pernikahan a la Korea? Berikut step by step upacara pernikahan adat ala Korea

BACA JUGA:Sosok Firaun Menkaure dalam Sejarah Mesir Kuno

BACA JUGA:Eksplorasi Kebudayaan dan Sejarah Kesultanan Deli di Sumatera Utara

1. Tarian sebelum nikah

Seperti halnya adat Jawa yang mungkin diiringi tarian sebelum pasangan pengantin masuk ke pelaminan saat resepsi, aturan adat pernikahan a la Korea juga demikian. Hanya saja yang dipersembahkan tarian Korea.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: