Sinergi Bank Indonesia dan TPID Sumatera Perkuat Stabilitas Harga dan Ketahanan Pangan

Sinergi Bank Indonesia dan TPID Sumatera Perkuat Stabilitas Harga dan Ketahanan Pangan

Sinergi Bank Indonesia dan TPID Sumatera Perkuat Stabilitas Harga dan Ketahanan Pangan--

PAGARALAMPOS.COM - Sinergi antara Bank Indonesia (BI) dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Wilayah Sumatera semakin diperkuat melalui peluncuran Aktivitas Sinergi Pengendalian Sumatera (ANDALAS), dalam upaya mendukung Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP). 

Peluncuran tersebut difokuskan pada inovasi pengendalian harga yang bertujuan untuk mengamankan stabilitas harga dan ketahanan pangan nasional.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti, dalam siaran pers yang dilansir hari ini, menegaskan perlunya koordinasi yang kuat untuk menjaga stabilitas harga dan membangun ketahanan pangan. 

Ditekankan bahwa inovasi pengendalian inflasi pangan dari hulu ke hilir harus dioptimalkan secara simultan guna meningkatkan produktivitas dan memperluas distribusi.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Pagaralam Dorong Sinergi Ormas dan LSM untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045

Dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut, GNPIP Wilayah Sumatera telah merumuskan beberapa program inovatif, di antaranya Gerakan Tanam Cabai Merah dengan metode intensifikasi pertanian digital, program Mobil Pasar Murah Tuntaskan Inflasi dan Rawan Pangan, serta optimalisasi rantai pasok komoditas pangan di wilayah Sumatera.

Menyambut langkah-langkah sinergis ini, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Ferry Irawan, mengapresiasi kolaborasi TPID Wilayah Sumatera dalam menangani inflasi pangan. 

Namun, tantangan terkait ketersediaan pasokan antarwaktu dan antarwilayah masih menjadi fokus utama dalam upaya stabilisasi harga pangan.

BACA JUGA:Sinergitas TNI-Polri Menjadi Pilar Kedaulatan, Untuk Bangsa Yang Maju

Pemerintah turut berupaya meningkatkan efisiensi distribusi dengan kebijakan insentif fiskal terkait Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB). 

Selain itu, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di sektor pertanian menjadi prioritas pemerintah untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

Pj. Gubernur Riau, S.F. Hariyanto, menekankan pentingnya upaya TPID di Provinsi Riau dalam meningkatkan produksi lokal untuk menjamin pasokan pangan pokok dengan harga stabil dan terjangkau bagi masyarakat. 

Dalam konteks ini, GNPIP Wilayah Sumatera diperkuat dengan perluasan Kerjasama Antar Daerah (KAD) serta dukungan pembiayaan untuk pelaku usaha petani guna meningkatkan kemandirian dalam ketahanan pangan.

BACA JUGA:Yakin NKRI Aman Selamanya, Kasespim Lemdiklat : Jika TNI-Polri Terus Bersinergi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: