Mengungkap Kisah Kehidupan di Inggris-Romawi Awal! Beriku 5 Fakta Menarik Tablet Vindolanda

Mengungkap Kisah Kehidupan di Inggris-Romawi Awal! Beriku 5 Fakta Menarik  Tablet Vindolanda

Mengungkap Kisah Kehidupan di Inggris-Romawi Awal! Beriku 5 Fakta Menarik Tablet Vindolanda-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM  - Pada tahun 2003, BBC menyoroti 10 artefak berharga yang ditemukan di Inggris. Ini termasuk jubah emas Mold, harta karun yang terkubur di kapal Sutton Hoo, berbagai harta karun, dan banyak lagi.

Namun di dalamnya juga terdapat tablet Vindolanda, sebuah kumpulan besar dokumen yang ditemukan di tempat yang dulunya merupakan benteng besar Romawi di Inggris bagian utara.

Apa yang kurang cemerlang dari panel-panel ini, mereka menutupinya dengan kekayaan detail yang menakjubkan tentang  kehidupan di perbatasan Inggris di Roma pada masa-masa awal.

Sejarah dan masa lalu suatu negara dapat dipelajari melalui berbagai artefak yang ditemukan di negara tersebut. Salah satu artefak berharga yang ditemukan di Inggris adalah Vindolanda Stela.

BACA JUGA:Tradisi Perkawinan Sedarah Firaun, Sejarah Mesir Kuno

BACA JUGA:Eksplorasi Wisata Situbondo, 11 Tempat Wisata Alam dan Sejarah yang Memukau

Tablet-tablet ini digali dari situs benteng Vindolanda di Tembok Hadrian dan berisi tulisan tangan paling awal yang pernah ditemukan di Inggris. Terdiri dari tablet kayu yang sangat tipis seukuran kartu pos, di dalamnya terdapat surat dari seorang wanita Romawi kepada temannya yang berbunyi: “Oh, ayolah. Silakan datang ke pesta ulang tahunku.” 

Ini sangat modern, alami, dan dapat dimengerti. Dan tentu saja, kita lupa bahwa inilah hal yang menakjubkan – atau mengerikan – dalam sejarah:   bahwa manusia menjalani kehidupan normal bahkan 2.000, 4.000, atau 6.000 tahun yang lalu. Namun kita hanya mempunyai sedikit bukti mengenai hal tersebut.

Tablet Vindolanda pertama kali ditemukan di benteng utama Romawi yang ada di Inggris Utara. Setiap tablet yang ditemukan memiliki cerita yang berbeda, termasuk penjelasan tentang bagaimana kehidupan di perbatasan Inggris dan Roma pada masa-masa awal.

BACA JUGA:Jelajahi petualangan seru di Situbondo melalui 11 destinasi wisata alam dan bangunan bersejarah

BACA JUGA:Penemuan Mencengangkan, Fakta Artefak Bersejarah dan Kerangka Manusia dari Kapal Perang Kuno

Agar semakin mengenalnya, berikut 5 fakta menarik selengkapnya tentang tablet Vindolanda dikutip dari laman Mental Floss.

1. Berasal dari zaman Romawi Britania awal

Ketika kaisar Romawi Claudius menginvasi Inggris pada tahun 40-an Masehi, ia mengirimkan pasukan untuk membangun benteng di seluruh wilayah. Praktik ini terus berlangsung, bahkan ketika ia telah meninggal di tahun 54 Masehi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: