Kenalkan Wisata Daerah, Tim Juri Lakukan Penilaian APDW di Kota Pagar Alam

Kenalkan Wisata Daerah, Tim Juri Lakukan Penilaian APDW di  Kota Pagar Alam

PENILAIAN: Saat Tim Juri ajang APDW sedang foto bersama di Objek Wisata Lapangan Tangga 2001.-Dokumen pagaralampos.com-Istimewa

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM -  Pada hari Minggu, 5 Mei 2024, dimulailah rangkaian acara Ajang Anugerah Pesona Desa Wisata (APDW) 2024, sebuah event tahunan yang merupakan turunan dari Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Kota Pagar ALAM menjadi fokus perhatian para dewan juri dalam Ajang bergengsi ini.

Para dewan juri yang terdiri dari pakar pariwisata berkunjung ke beberapa destinasi unggulan di Kota Pagar Alam sekaligus bebincang langsung dengan pengurus Desa Wisata di Pagar Alam.

Ketua Pokdarwis Desa Wisata Gunung Dempo Wawan Alamsyah menjelaskan, salah satu yang menjadi wisata unggulan di Pagar Alam ialah Curup Penumpahan, yang merupakan lahan pribadi yang dikelola secara kolaboratif oleh Desa Wisata.

"Sistem bagi hasil antara karang taruna, Pengelola Desa Wisata, dan pemilik lahan menjadi kunci dalam pengelolaannya,"kata Wawan.

BACA JUGA:Desa Wisata Gunung Dempo Bersaing untuk Anugerah Desa Wisata Nasional 2024

Selain Curup Penumpahan, lanjut Wawan, destinasi lain yang menjadi perhatian adalah Tangga 2001, sebuah pusat wahana yang dilengkapi dengan Flying Bike, ATV, Skuter Listrik, serta wisata Kebun Raya Dempo yang dikelola oleh HKm dengan kebun teh yang dikelola oleh PTPN VII. 

Selain wisata alam, dewan juri juga melihat produksi UMKM di kawasan Desa Wisata Gunung Dempo, termasuk olahan keripik, teh, kopi luwak, dan kopi jahe dari industri rumah tangga. Souvenir khas seperti Kudok Betelugh dan gantungan kunci juga menjadi sorotan.

PPTK APDW Sumsel 2024, Barlin Akbar ST, yang mewakili Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel menjelaskan, bahwa kegiatan APDW dilakukan setiap tahun dengan melibatkan dewan juri yang kompeten di bidang pariwisata.

Adapaun para dewan juri yang sangat berkompeten yakni Achmad Leofaragusta Kurniawan K, S.E., M.MPar., CSES., CHCS dari Politeknik Negeri Sriwijaya, Yudi Suhairi, S.Sn., M.Ds. dari Komite Ekonomi Kreatif Kota Palembang, Koordinator Daerah Indonesia Creative Cities Network (ICCN) Sumatera Selatan, Barlin Akbar, S.T. dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan, serta perwakilan dari Sumatera Ekspres.

BACA JUGA:HD dan Sandi Uno Apresiasi Ajang Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel

Penilaian ajang bergengsi tersebut merupakan Kerjasama  antara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan dengan Harian Pagi Sumatera Ekspres menjadi bagian penting dalam Penilaian destinasi wisata unggulan di Sumsel.

Dewan juri melakukan peninjauan langsung menggunakan bus Besemah Tour On The Bus. Dalam perjalanan mereka, dengan dukungan pengurus Pokdarwis dan Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Pagaralam Hafiz Ramadhan S. STP., M. Si.

Acara ini bukan hanya sekadar ajang penilaian, tetapi juga sebagai upaya untuk mengembangkan potensi pariwisata di daerah tersebut. 

Diharapkan, melalui APDW 2024, destinasi-destinasi wisata di Kota Pagar Alam dan Sumsel secara keseluruhan dapat semakin dikenal dan berkembang baik di mata wisatawan lokal maupun internasional.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: