Menelisik Misteri yang Menarik di Gunung Muria yang Jarang Diketahui

Menelisik Misteri yang Menarik di Gunung Muria yang Jarang Diketahui

Menelisik Misteri yang Menarik di Gunung Muria yang Jarang Diketahui -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Di balik keindahan alamnya yang memukau, Gunung Muria menyembunyikan banyak misteri yang belum  terungkap.  Dari cerita rakyat hingga temuan arkeologis yang menarik.

Gunung Muria menawarkan dimensi kekayaan budaya dan alam yang tak terduga. Mari kita telusuri bersama beberapa misteri menarik seputar Gunung Muria yang menarik minat para peneliti dan penjelajah.

Beberapa teori menunjukkan bahwa peradaban besar ini mungkin pernah ada di daratan sekitar Samudera Pasifik, termasuk Indonesia. Penting untuk dicatat bahwa teori ini didasarkan pada legenda dan referensi sejarah yang  spekulatif.

Tidak ada bukti nyata yang membuktikan keberadaan Lemuria atau hubungannya dengan Gunung Muria. Namun kisah-kisah seperti ini tetap berakar pada budaya dan sejarah lokal sehingga turut memperkaya warisan budaya Indonesia.

BACA JUGA:Tradisi Perkawinan Sedarah Firaun, Sejarah Mesir Kuno

BACA JUGA:Eksplorasi Wisata Situbondo, 11 Tempat Wisata Alam dan Sejarah yang Memukau

Pada tahun 2013, Jawa Tengah diumumkan sebagai provinsi perdamaian oleh Komite Perdamaian Dunia. Keputusan ini didasarkan pada keyakinan bahwa Jawa Tengah adalah tempat berkembangnya peradaban Bangsa Lemuria. 

Sebagai peradaban kuno yang konon muncul sebelum Atlantis, Lemuria diyakini eksis sekitar 75.000 SM hingga 11.000 SM.  Djuyoto Suntani, Presiden Komite Perdamaian Dunia, bahkan menyatakan bahwa induk peradaban bangsa Lemuria diyakini hidup di Gunung Muria.

Legenda ini juga berkaitan dengan Putri Shima dan Kerajaan Kalingga/Medang Kamulyan. 

Wilayah Kerajaan Medang Kamulyan pada masa itu meliputi Tegal, Pekalongan, Alas Roban, Semarang, Gunung Rahwatu (Muria), hingga ke Pati, Rembang, dan Karimun Jawa. 

Namun, perlu diingat bahwa hingga saat ini, informasi pasti tentang bangsa Lemuria yang dianggap sebagai leluhur orang Jawa dari Gunung Muria masih sangat terbatas.

Sementara itu, Kabupaten Kudus, yang juga berada di Jawa Tengah, menyimpan sejumlah objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. 

BACA JUGA:Jelajahi petualangan seru di Situbondo melalui 11 destinasi wisata alam dan bangunan bersejarah

BACA JUGA:Penemuan Mencengangkan, Fakta Artefak Bersejarah dan Kerangka Manusia dari Kapal Perang Kuno

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: