Ternyata Begini Warna Kamuflase Jet Tempur Rafale Indonesia, Negara Lain Seperti Ini

Ternyata Begini Warna Kamuflase Jet Tempur Rafale Indonesia, Negara Lain Seperti Ini

Foto : Warna Kamuflase Jet Tempur Rafale.-Ternyata Begini Warna Kamuflase Jet Tempur Rafale Indonesia, Negara Lain seperti Ini-Airspace Review

PAGARALAMPOS.COM - Pemerintah Indonesia telah menandatangani pembelian total 42 jet tempur Rafale dari Prancis. Seluruh pesanan tersebut telah masuk dalam daftar produksi (backlog) di pabrik Dassault Aviation, Prancis tempat pesawat tersebut dibuat.

Menurut rencana, Indonesia akan menerima pengiriman jet Rafale pertamanya tahun 2026. TNI AU mengatakan, pesawat tempur Rafale pertama akan ditempatkan di Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau menggantikan armada Hawk 100/200.

Pembelian 42 Rafale oleh Kementerian Pertahanan RI, merupakan pembelian jet tempur terbesar yang dilakukan pasca tahun 2.000 di mana Indonesia mulai kembali meningkatkan kekuatan angkatan udaranya.

Tidak hanya pesawat tempur, beragam pesawat lainnya, termasuk jet latih, pesawat angkut, helikopter, hingga drone juga diakuisisi.

BACA JUGA:Perancis Enggan Jual Dassault Rafale ke Serbia, Gegara Masalah Kosovo

Terkait jet tempur Rafale, baru-baru ini di dunia maya beredar model pesawat Rafale untuk TNI AU, yang memperlihatkan warna kamuflase pesawat tersebut nantinya.

Belum diketahui, apakah warna kamuflase atau sering disebut camo, color scheme, paint scheme, maupun livery, ini adalah yang telah resmi ditetapkan oleh TNI AU atau baru rekaan saja.

Namun biasanya, apa yang ditampilkan dalam model pesawat yang digunakan oleh TNI AU, dalam hal ini model pesawat tersebut pun berasal dari TNI AU, adalah menunjukkan pola kamuflase yang telah diajukan ke pabrik pembuat pesawat.


Foto : Warna Kakuflase Jet Tempur Rafale.-Ternyata Begini Warna Kamuflase Jet Tempur Rafale Indonesia, Negara Lain seperti Ini-Airspace Review

Dari model tersebut terlihat corak loreng gradasi abu-abu, dengan tanda segi lima dan tulisan TNI AU yang menunjukkan pesawat ini milik TNI AU.

BACA JUGA:Dassault Aviation: Produksi Jet Tempur Rafale Tiga Unit Per Bulan, Kecanggihannya Seperti Ini

Kemudian pada bagian ekor tegak terlihat bendera Merah Putih yang melambangkan Republik Indonesia, logo Wing Udara 6, serta nomor registrasi TS-0308.

Sementara di bagian depan di bawah kokpit terlihat logo “Black Panther” yang merupakan logo Skadron Udara 12.

Dapat dipastikan, sesuai keterangan TNI AU kepada Airspace Review beberapa waktu lalu, bahwa skadron pertama di TNI AU yang akan menerima jet tempur Rafale adalah Skadron Udara 12.

Sekadar membandingkan dengan Rafale negara lain, mari kita lihat camo jet tempur bersayap delta ini dari pengguna maupun pemesan Rafale berikutnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: