Ini Alasan Mesopotamia Tempat Lahirnya Peradaban, Ternyata Begini Jejak Sejarahnya

Ini Alasan Mesopotamia Tempat Lahirnya Peradaban, Ternyata Begini Jejak Sejarahnya

Peradaban bangsa Mesopotamia.-net-Google.com

PAGARALAMPOS. COM - Sumeria, sebagai tempat lahirnya peradaban, sama sekali tidak diketahui sampai rahasia-rahasianya terkuak dari pasir gurun.

Pada paruh kedua abad ke-19, para arkeolog Prancis dan Inggris melakukan perjalanan ke tempat yang sekarang disebut Irak.

Mereka berencana untuk berburu temuan dari zaman Asiria. Secara kebetulan, mereka menemukan peradaban yang jauh lebih tua.

Hingga saat itu, sejumlah besar lumpur yang dibawa Sungai Eufrat dan Tigris berhasil menghapus dan menyembunyikan jejak masa lalu.

BACA JUGA:Ilmuwan Buat Kembali Formula Parfum Kuno Mesopotamia yang Berusia 3.200 Tahun

Ketika sisa-sisa Sumeria digali dan diberi tanggal, sejarah yang diketahui manusia saat itu pun makin diperluas secara radikal.

Lokasi tempat lahirnya peradaban

Dari sudut pandang alam, Mesopotamia sebagian besar merupakan lanskap datar, dengan dataran pasir yang luas dan vegetasi yang jarang.

Terdapat lanskap rawa di bawah menuju Teluk Persia, tempat air laut berangsur-angsur surut sejak zaman es terakhir.

Iklim gurun menentukan cuaca. Curah hujan bersifat sporadis, panasnya tak tertahankan pada siang hari, dan bisa sangat dingin pada musim dingin dan malam hari.

BACA JUGA:Terlalu Panjang Tembok Ini Dikabarkan Terlihat dari Bulan, Inilah Sejarah Unik Tembok Besar Tiongkok Fenomenal

Meski jarang turun hujan, wilayah inti peradaban Sumeria terus dilanda banjir dahsyat yang disebabkan oleh Sungai Eufrat dan Tigris.

Karena lanskap datar yang mengarah ke laut tercipta dari lumpur dan pasir, tidak ada batu yang dapat digunakan untuk membangunnya.

Juga tidak tumbuh pohon yang dapat digunakan untuk membuat rumah atau perahu. Salah satu alasan utama mengapa Mesopotamia menjadi tempat lahirnya peradaban adalah lokasinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: