Misteri Kehilangan Kebudayaan Megalitik Pasemah, Seni Batu yang Tak Terwariskan

Misteri Kehilangan Kebudayaan Megalitik Pasemah, Seni Batu yang Tak Terwariskan

Misteri Kehilangan Kebudayaan Megalitik Pasemah, Seni Batu yang Tak Terwariskan--

PAGARALAMPOS.COM - Di tengah hiruk pikuk kehidupan modern saat ini, ada sebuah misteri besar yang menyelimuti kebudayaan megalitik Pasemah.

Kebudayaan yang kaya dengan seni ukir batu ini seperti menghilang tanpa jejak dan tak terwariskan ke generasi sesudahnya. Apa yang terjadi?

Menurut Wahyu Rizky Andhifani, seorang peneliti dari Balai Arkeologi Sumatera Selatan (Balar), belum ada bukti yang menunjukkan bahwa kebudayaan megalitik Pasemah telah diwariskan kepada generasi berikutnya.

"Generasi sesudahnya tampaknya tidak dapat menggunakan kebudayaan seperti itu. Seperti ada yang hilang," ujar Wahyu ketika diwawancara oleh Pagaralampos.com di sela-sela pameran arkeologi di gedung serbaguna SDN 74 Gunung Gare pada tahun 2020.

BACA JUGA:Biar Awet dan Hasil Maksimal. 4 Hal Penting Setelah Mewarnai Rambut

Kristantina Indriastituti, peneliti Balar Sumsel lainnya, juga membenarkan hal ini.

"Saya sepertinya belum melihatnya," katanya, menunjukkan bahwa kebudayaan megalitikum Pasemah tidak lagi ditemukan atau diteruskan oleh generasi saat ini.

Berbeda dengan kebudayaan megalitik Pasemah, bangunan candi di Pulau Jawa seperti Borobudur masih menunjukkan keberlanjutan.

Wahyu mencontohkan bahwa di sekitar Borobudur masih ada pengerajin patung dari batu yang kualitasnya tinggi.

BACA JUGA:Tidak Sama. Ternyata Ini Perbedaan Layar OLED, AMOLED, dan IPS Tiap Layar Ponselmu

Mereka terus menerus menciptakan ukiran dan patung yang memukau. "Hasilnya memang bagus," tambah Wahyu.

Mengapa Kebudayaan Megalitik Pasemah Tak Terwariskan?

Pertanyaan besar yang muncul adalah mengapa kebudayaan megalitik Pasemah tidak terwariskan? Wahyu mengaku belum menemukan jawabannya dan akan terus mencari tahu hingga menemukannya.

Yang pasti, dia merasa sangat disayangkan bahwa kebudayaan yang begitu tinggi dan unik ini bisa punah atau tak terwariskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: