Pemudik Diprediksi Meningkat, Kapolri : Tekan Angka Kecelakaan Perjalanan Lebaran 2024 Turun

Pemudik Diprediksi Meningkat, Kapolri : Tekan Angka Kecelakaan Perjalanan Lebaran 2024 Turun

Foto : Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.-Pemudik Diprediksi Meningkat, Kapolri : Tekan Angka Kecelakaan Perjalanan Lebaran 2024 Turun-Humas Polri

PAGARALAMPOS.COM - Dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Operasi Ketupat 2024, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan jumlah pemudik tahun ini bakal mengalami peningkatan hingga 56 persen.

Akan tetapi, Kapolri berharap dengan meningkatnya jumlah pemudik, maka jumlah kecelakaan dapat ditekan sehingga angkanya akan turun dibanding tahun lalu.

Mudik tahun 2024 ini terjadi peningkatan kurang lebih 56% dibandingkan tahun 2023, kita mengharapkan bahwa laka lantas dan juga kemacetan lalu lintas di tahun 2024 ini betul-betul bisa kita kelola dengan baik,” ujar Kapolri di Hotel Bidakara, Jakarta, dikutip Selasa (26/3/2024).

Lebih lanjut, Kapolri mengatakan operasi ketupat tahun ini menyiapkan 155.165 personel gabungan yang dikerahkan.

BACA JUGA:Pemudik Harus Tau, 4 Jalan Tol Fungsional Dibuka Gratis saat Mudik 2024

Personel yang dilibatkan bertujuan untuk memastikan mudik aman dan lancar. Serta disiapkan 5.784 pos untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Penggelaran pasukan merupakan penggelaran yang cukup besar, kurang lebih 155.165 personel yang terlibat, di dalam ada stakeholder terkait sejumlah 69.969 personel dan nanti akan disiapkan 5784 pos memberikan pelayanan,” ungkapnya.

Sementara itu, Menko PMK Muhadjir Effendy mengimbau agar para pemudik dapat mempersiapkan dengan matang mulai dari pengecekan kendaraan dalam kondisi layak dan aman serta kesehatan fisik bagi pengendara.

“Periksa kelayakan kendaraan pribadi yang akan digunakan. Pastikan kendaraannya layak dan aman sebagai pengemudi harus dalam keadaan bugar dan istirahatnya cukup.

BACA JUGA:Polri Siapkan 5.784 Pos Pengamanan untuk Mudik Lebaran 2024

Saat perjalanan, pemudik juga harus memastikan saldo e-toll cukup serta kendaraan harus diisi sesuai dengan kapasitas yang seharusnya.

“Jangan berhenti dan parkir di bahu jalan tol karena banyak sekali kejadian kecelakaan karena parkir dan berhenti di bahu jalan dan diseruduk dari belakang. Karena itu kami benar-benar minta diperhatikan,” ungkapnya.

Menurutnya, pemudik berhenti di rest area maksimal 30 menit, apabila sudah selesai maka dipersilahkan bergeser demi menghindari kepadatan.

BACA JUGA:Cegah Kepadatan Mudik Lebaran 2024, Korlantas Bakal Dirikan Pos Pantauan di Titik Krusial

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: