Angkatan Laut India Kerahkan 11 Unit Kapal Selam, Dalam Kegiatan Operasi

Angkatan Laut India Kerahkan 11 Unit Kapal Selam, Dalam Kegiatan Operasi

PAGARALAMPOS.COM - Pola penggelaran armada kapal perang setiap negara tentu berbeda, tapi umumnya akan memperhatikan komposisi unit kapal yang beroperasi di lautan.

Unit kapal yang docking untuk perbaikan atau pemeliharaan dan unit kapal yang digunakan untuk pelatihan.

Sehingga jika Indonesia kelak memiliki 12 unit kapal selam, maka dalam kondisi normal, bukan ada 12 kapal atau setengahnya yang meronda di lautan.

Nah, belum lama ini ada kabar menarik datang dari India, yang dikenal sebagai salah satu operator kapal selam terbesar di Asia Pasifik, termasuk dalam kepemilikan kapal selam bertenaga nuklir (Arihant class).

BACA JUGA:SIPRI Bocorkan Informasi Suplay Persenjataan Isrel, Terbonngkar 99 Persen Impor Kedua Negara Ini

Seperti dikutip The Print – theprint.in (24/3/2024), untuk pertama kalinya dalam tiga dekade terakhir, Angkatan Laut India mengerahkan 11 unit kapal selam diesel listrik (konvensional) secara bersamaan dalam kegiatan operasi.

Pengerahan yang dilakukan Angkatan Laut India sangat kontras dengan sejarah kapal selam dalam dua dekade terakhir yang mengalami penurunan kekuatan akibat kecelakaan, dan penghapusan kapal selam yang telah menua.


Foto : armada angkatan laut India.-Angkatan Laut India Kerahkan 11 Unit Kapal Selam, Dalam Kegiatan Operasi-Indomiliter.com

I"Ini memang merupakan tonggak penting bagi kami. Sejak saya bergabung dengan Angkatan Laut, saya belum pernah melihat penggeleran serentak dengan jumlah kapal selam sebanyak ini,” kata seorang sumber di internal Angkatan Laut India, yang telah bertugas selama lebih dari 25 tahun.

Sumber di lembaga pertahanan India mengatakan bahwa terakhir kali kekuatan kapal selam India berada pada kekuatan tertingginya adalah pada awal tahun 90an.

BACA JUGA:Antisipasi Serangan Rudal dan Drone Kamikaze, Rusia Buat Decoy Kapal Selam Kilo di Dermaga Laut Hitam

Ketika Angkatan Laut memiliki delapan unit kapal selam Kilo class, empat unit Type 209-1500 class dari Jerman dan empat unit Foxtrot class dari Rusia.

“Sejak saat itu, postur kekuatan kapal selam benar-benar terkena serangan. Bahkan pengiriman kapal selam Scorpene sempat tertunda,” kata sumber lain

Meskipun India pada akhirnya akan mengoperasikan 17 kapal selam konvensional tahun depan, sumber menunjukkan bahwa hal ini hanya di atas kertas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: