Helikopter Ah 64 Apache, Alutsista Canggih Milik TNI AD

Helikopter Ah 64 Apache, Alutsista Canggih Milik TNI AD

Pembangunan atau pengembangan yang dilakukan berhasil menghasilkan helikopter Ah-64 Apache Longbow yang dikeluarkan oleh Boeing Integrated Defense Systems.

BACA JUGA:Belanda Perkuat Alutsista Dengan Helikopter AH-64E Guardian V6, Ditempatksn di Skuadron 301

Desain Ah 64 Apache

Helikopter canggih milik TNI Angkatan Darat ini dihasilkan oleh dua buah mesin turbin poros General Electric T700 dengan knalpot yang letaknya tinggi di kedua belah poros rotor. Apache mempunyai empat bilah rotor utama dan juga empat bilah rotor ekor.

Penempatan kru dalam helikopter dalam susunan paralel, dimana pilot duduk di belakang. Sedangkan pembantu pilot atau penembak berada dalam ruat kokpit berpelindung.

Ruang untuk kru dan juga tangki bahan bakar akan dilindungi sdemikian rupi. Tujuannya supaya helikopter bisa terbang meski menerima temakan dari senjata kaliber 23 mm.

Helikopter canggih ini dilengkapi dengan meriam rantai M230 berkaliber 30 mm yang bisa disambungkan secara elektronik dan selalu mengarah pada pandangan penembak ataupun dikawal melalui Sistem Penandaan dan Akuisisi target (TADS).

BACA JUGA:Seperti di Film Action, Begini Aksi Fast Roping dari Helikopter Airbus H225M Caracal TNI AU

Helikopter AH 64 ini juga membawa beberapa kombinasi persenjataan pada pilon di pangkal sayapnya. Kombinasi persenjataan tersebut biasanya gabungan rudal anti tank AGM-114 Hellfire, peluncur roket tanpa panduan 70 mm (2.75 in) Hydra 70.

Serta rudal udara AIM-92 Stinger yang berguna untuk mempertahankan diri. Apabila.sedang dalam keadaan darurat, titik beban bisa digunakan untuk memindahkan awak helikopter.

Helikopter Ah 64 didesain khusus untuk bertahan dalam lingkungan garis depan dan juga digunakan saat siang atau malam hari dalam segala cuaca dengan menggunakan avionik dan elektronik.

BACA JUGA:Helikopter Milik Presiden Pertama Indonesia, Inilah Seputar Tentang Hiller 360!

Contohnya seperti Sistem Penglihatan Malam Pilot (TADS/PNVS, Sistem Penundaan dan Akuisisi Target, Sistem Bidikan Hemdan Display Terintegrasi (IHADSS) dan Sistem perlindungan diri inframerah pasif. Itulah informasi mengenai Ah 64 Apache, Helikopter canggih milik TNI AD.

Diharapkan informasi diatas bisa menambah pengetahuan pembaca mengenai amunisi yang dimiliki ketika sedang tempur. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: